Menurut sebuah studi dari Journal of Communication, sekitar tiga juta orang Amerika yang hidup terpisah dari pasangan mereka selama pernikahan, dan 75% dari mahasiswa pelaku hubungan jarak jauh, menunjukkan bahwa mereka cenderung memiliki kepuasan yang sama, bahkan tingkat hubungannya menjadi lebih dalam dibanding pasangan yang secara jarak lebih dekat.

Hal ini diperkuat oleh pernyataan seorang ahli psikoterapis spesialis hubungan, Lori Gottlieb, yang meyakini bahwa manfaat terbesar dari LDR justru membuat dua sejoli lebih banyak membicarakan hal yang berkualitas dan menyenangkan satu sama lain. Masih ragu dan nggak yakin mau LDR-an? Ikutin resep jitu ala Beautynesia berikut ini yuk!

Jadikan Teknologi Menjadi ‘Sahabat Terbaik’

Sebuah hubungan nggak akan worth it jika tidak ditunjang komunikasi. Berterimakasihlah pada era digital yang makin memudahkan pasangan LDR untuk lebih intens berbicara dan serasa lebih ‘dekat’. Berkat teknologi dan aplikasi yang kian menjamur, banyak pasangan yang tidak lagi mengeluhkan hubungan jarak jauh.

Sangat berbeda dengan jaman dulu, sekarang kamu bisa berkomunikasi dan saling berkirim foto dengan lebih mudah. Pasangan LDR seringkali justru punya komunikasi yang lebih baik daripada pasangan yang dekat secara jarak, tapi sibuk dengan ponsel masing-masing.

Manfaatkan waktu bicara dengan pasangan semaksimal mungkin dengan saling bertanya dan memberikan perhatian kecil. Kalau perlu, ceritakan secara detail apa rencana kamu di hari ini untuk membuat pasangan tetap terhubung denganmu. Percaya deh, hal ini akan mengobati sedikit rasa rindumu padanya.

Jadikan Teknologi Menjadi ‘Sahabat Terbaik’


 

baca juga

Memperkuat Komitmen Hubungan

Tahu dong masalah utama yang sering timbul saat LDR? Cemburu! Yup, cemburu memang pemicu terbesar terjadinya pertengkaran dan konflik dari sebuah hubungan LDR. Untuk itu, perlu banget memperkuat komitmen dalam hubungan kalian.

Khusus yang belum menikah, coba pikirkan lagi mengenai keseriusan hubungan kamu dan pasangan. Ada baiknya kamu bahas secara serius tentang kelangsungan dan kematangan hubungan kalian sebelum memperkuat komitmen lebih dalam lagi. Ketika masing-masing pihak sudah sepakat untuk satu hati, satu visi dan satu misi, maka komitmen akan lebih mudah diperkuat dan rasa cemburu bisa teratasi.

Bagi pasangan menikah, komitmen yang sudah terjalin harus dipupuk terus menerus meski terpisah jarak, ruang dan waktu. Ceritakan pada pasangan, setiap detail hal yang kamu alami dan jangan pernah lupa katakan “I love you” atau “I miss you” sesering mungkin. Meski kelihatan gombal dan klise, three magic words ini bakal bikin pasanganmu merasa deg-degan seperti jatuh cinta pertama kali sama kamu. Coba deh dipraktekin!

Memperkuat Komitmen Hubungan


 

Wajib Percaya dan Yakin Satu Sama Lain

Setelah sama-sama memperkuat komitmen, seharusnya pasangan LDR akan lebih mudah untuk saling percaya dan yakin satu sama lain. Rasa tidak percaya akan related pada rasa tidak aman yang menimbulkan kecurigaan. Kadang, hal ini juga yang membuat kamu merasa harus ‘memeriksa’ pasangan dan meneleponnya setiap 5 menit sekali. Oh no! Hati-hati Beautynesian, tindakanmu ini bisa memicu ketegangan dan ketidaknyamanan si dia lho.

Wajib Percaya dan Yakin Satu Sama Lain

Cobalah berlatih untuk lebih percaya diri dan berpikir positif pada pasangan. Ketika pasangan nggak langsung membalas chat atau menjawab telponmu, mungkin saja dia sedang sibuk. Jangan cemburu buta yang berlebihan. Buang jauh-jauh prasangka negatif yang bikin kamu jadi gelisah dan uring-uringan sendiri.

Dalam ilmu psikologi, cemburu yang berlebihan disebut Delusion of Jealous, yakni kondisi seseorang merasa cemburu dan mengira pasangannya selingkuh atau tidak dapat dipercaya. Bahaya banget kan untuk hubungan kalian! Kuatkan hati dan tetap gunakan akal sehat untuk bertanya dan observasi lebih dalam.

Gunakan bahasa yang baik dan lembut saat bertanya pada pasangan, untuk meminimalisir ketegangan dan kecurigaanmu. Tanyakan kenapa dia tak langsung menjawab telpon, dan kamu wajib percaya apapun itu alasannya. Di sinilah kesabaran dan kekuatan cintamu teruji lebih dalam lagi, demi memperkuat hubungan kalian di masa depan.

baca juga

Make Fun Plans Together

Bicarakan tentang rencana menyenangkan apa yang akan kamu lakukan berdua, ketika nanti bertemu. Jadikan hal semacam ini sebagai ritual agar kamu punya topik obrolan yang seru saat bicara dengan si dia. Mulailah dengan perencanaan kecil seperti mencoba restoran baru, nonton film horror yang belum pernah dilakukan sebelumnya atau buat angan-angan liburan ke negara yang belum pernah dikunjungi. Obrolan ini akan membantu hubunganmu dan dia lebih menyenangkan.

Meski masih rencana, bukan nggak mungkin bisa direalisasikan suatu saat nanti. Inilah perlunya pasangan LDR menjadwalkan waktu pertemuan dalam kurun waktu tertentu. Pengaturan waktu pertemuan sangatlah penting terutama ketika waktu untuk bersamanya begitu berharga. Cobalah dari hal sederhana seperti berencana video call setiap malam sebelum tidur. Percaya deh, momen sebelum tidur akan menjadi hal yang kamu tunggu-tunggu setiap harinya, sebelum nanti akhirnya kalian bertemu.

Make Fun Plans Together


 

Tetapkan Aturan dan Batas yang Jelas

Konsekuensi dari suatu hubungan LDR adalah kamu harus bisa menjaga perasaan masing-masing di kala berjauhan. Contohnya, jangan memposting apapun di sosial media yang bisa memicu kecemburuan atau ketidaknyamanan pasangan kamu, baik itu berupa kalimat status, foto ataupun video.

Kamu harus bisa menghindari situasi yang mungkin membuat pasanganmu merasa ‘terancam’ atau bahkan paranoid. Misalnya, jangan pernah berfoto dengan lawan jenis atau melakukan hal yang membuat lawan jenis ‘tergoda’ oleh sikapmu. Kamu nggak perlu minta persetujuan pasangan untuk setiap interaksi sosial yang kamu lakukan. Masing-masing dari kamu dan pasangan cukup menetapkan batasan dan aturan yang jelas untuk kalian patuhi bersama.

Setelah semua ‘jurus’ ini kamu lakukan, diskusikan pada pasangan untuk menentukan batas waktu LDR ini akan berakhir. Kamu nggak mau dong LDR-an terus menerus. Tapi ingat, kompromikan dengan cara yang benar jangan sampai menimbulkan permasalahan baru di antara kalian.