1. Gantung Mukena

Mukena umumnya dipakai ketika kepala kita masih dalam keadaan basah. Kondisi ini akan menyebabkan jamur tumbuh dengan cepat pada mukena. Selain itu warnanya juga akan cepat kusam. Untuk mencegahnya, gantung mukena setiap selesai digunakan. Dengan begitu, mukena akan terpapar udara bebas dan membuatnya kering. Cara ini juga untuk menghindarkan mukena dari bau apek.
 

2. Jangan Gunakan Mesin Cuci


Mencuci mukena dengan mesin cuci memang lebih cepat dan praktis. Tapi cara tersebut bisa membuat mukena cepat rusak. Sebaliknya, cucilah mukena dengan tangan secara manual. Mencuci dengan tangan akan menghindarkan mukena dari kerusakan, terutama mukena terbaru yang memiliki berbagai hiasan yang melekat. Berhati-hatilah ketika mencuci dengan tangan agar hiasannya tidak rusak.
2. Jangan Gunakan Mesin Cuci
source: https://www.pixabay.com
baca juga

3. Cuci secara Rutin

Penyebab bau apek dan warna kusam pada mukena biasanya karena jarang dicuci. Dipakai dalam waktu sebentar bukan berarti mukena harus dicuci jarang-jarang. Justru karena sering dipakai dalam keadaan kepala basah, mukena lebih rentan kotor. Seminggu sekali adalah waktu terbaik untuk mencuci mukena. Dengan rutin dicuci, mukena tidak akan sampai bau apek apalagi kotor. Segeralah untuk mencuci mukena jika terkena noda tertentu agar noda tidak sulit hilang.
 

3. Cuci secara Rutin
source: https://www.pixabay.com

4. Hindari Pemutih yang Berlebihan

Mukena yang terlihat putih bersih memang menjadi idaman semua perempuan. Tapi menggunakan pemutih secara berlebihan bukanlah cara merawat mukena yang benar. Sebaiknya gunakan pemutih secukupnya dan tidak terus menerus. Pemutih pakaian memiliki sifat mengikis sehingga bisa membuat mukena cepat tipis dan robek.
 

4. Hindari Pemutih yang Berlebihan
source: https://www.pixabay.com
baca juga

5. Sesuaikan saat Menyetrika

Selain bersih dan wangi, mukena yang rapi pasti akan membuat nyaman ketika dipakai. Untuk membuatnya rapi, kamu bisa menyetrikanya setelah dicuci. Namun perhatikan dengan seksama petunjuk untuk menyetrika. Kenali jenis bahannya agar bisa menyesuaikan panas ketika disetrika. Tingkat panas yang tidak sesuai dengan cenderung berlebihan akan membuat bahan mukena cepat rusak.
 

5. Sesuaikan saat Menyetrika
source: https://www.pixabay.com

6. Simpan dengan Benar

Cara terbaik menyimpan mukena yang sering digunakan adalah dengan menggantungnya. Namun jika kamu berniat tidak menggunakannya setiap hari, simpan mukena dalam keadaan terlipat rapi. Tempatkan pada bagian lemari yang tidak lembab dan jauh dari jangkauan serangga. Jika perlu masukkan dalam kantong plastik agar mukena terhindar dari debu yang bisa memudarkan warna cerahnya.
 

6. Simpan dengan Benar
source: https://www.pixabay.com
youtube:PvC0v2qsoQM
source: https://www.youtube.com/watch?v=PvC0v2qsoQM
4 Bahan Mukena Terbaik, Gak Bikin Panas! - Beautynesia Recommends Fashion