Salah satu hal yang paling krusial dalam persiapan pernikahan adalah menentukan bujet. Menentukan bujet akan menentukan seperti apa pesta pernikahan yang akan digelar. Hal ini tidak jarang menimbulkan selisih paham antar keluarga maupun dengan calon pasangan. Jika masih belum menemukan kesepakatan, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini agar kamu dapat segera memutuskan, Ladies. Yuk, simak informasi selengkapnya sekarang!

1. Buatlah Prioritas

1. Buatlah Prioritas
source: https://www.pixabay.com

Sangat mungkin antara pasangan memiliki pendapat yang berbeda. Satu pihak mungkin fokus pada dekorasi, satu yang lain mungkin fokus pada hidangan untuk tamu. Agar semua pihak menemukan fokus yang sama, sebaiknya mulai pikirkan mana yang harus diprioritaskan. Kompromi, diskusi dan bicara saling jujur akan membantu menemukan jalan tengah dari semua perbedaan.
 

baca juga

2. Hitung Keperluan

2. Hitung Keperluan

Membuat daftar keperluan untuk acara pernikahan memang harus dilakukan. Tak jarang ada banyak kebutuhan muncul dalam daftar itu. Tidak akan menjadi masalah jika dana yang tersedia cukup banyak. Namun coret beberapa yang tidak teramat penting jika dana yang disiapkan tidak besar. Kamu mulai bisa membagi kontribusi bersama calon pasangan. Membagi berdasarkan penghasilan lebih baik daripada membagi sama rata.
 

3. Tentukan Pos

3. Tentukan Pos
source: https://www.pixabay.com

Jika sudah menentukan prioritas dan menghitung besar dana yang dibutuhkan, kemudian kategorikan dalam beberapa pos. Sebagai contoh, pos katering 20%, pos dekorasi 20% dan seterusnya. Besaran dana yang dimasukkan harus sesuai dengan pos yang telah ditentukan. Ingatlah untuk memegang komitmen dan disiplin untuk tidak mengambil kekurangan dana dari pos lain. Hal seperti itu akan menyebabkan kekacauan.
 

baca juga

4. Manfaatkan Jasa Teman

4. Manfaatkan Jasa Teman
source: https://www.pixabay.com

Menggunakan jasa teman atau kerabat dalam rencana pernikahan tidak pernah ada salahnya. Cara ini justru menjadi trik jitu untuk menekan biaya pernikahan. Kelebihan lainnya, kamu akan mendapatkan pelayanan yang lebih baik dari teman atau kerabat sendiri daripada menggunakan jasa vendor. Menggunakan jasa teman bisa menjadi solusi atas perbedaan pendapat dalam memutuskan bujet pernikahan.
 

5. Ingatlah Hari Setelah Pernikahan

5. Ingatlah Hari Setelah Pernikahan
source: https://manaberita.com

Berdialog untuk memutuskan bujet pernikahan hingga akhirnya berujung konflik memang sangat rawan terjadi. Jika itu benar-benar kamu alami, ingatlah hari setelah pernikahan. Perdebatan dan konflik ketika membahas bujet pernikahan tidak akan ada manfaatnya untuk masa depan kehidupan pernikahan. Dengan mengingat hal ini, mungkin kamu dan pasangan akan lebih bisa saling memahami meski berbeda.
 

6. Anggaplah sebagai Pembelajaran

6. Anggaplah sebagai Pembelajaran
source: https://www.pixabay.com

Sejatinya, kamu telah diberi kesempatan untuk saling mengenal sebelum pernikahan benar-benar digelar. Salah satunya dengan mendiskusikan masalah bujet pernikahan tadi. Sadarilah bahwa saatnya kamu menjalani kehidupan sebagai pasangan telah dimulai. Sehingga ketika sudah resmi menikah, kamu dan pasangan sudah lebih siap menghadapi perbedaan lainnya dan siap pula dengan solusinya.

Nah, semoga informasi di atas bisa membantumu menetapkan bujet pernikahan terbaik ya, Ladies!