Pesta pernikahan mewah yang low budget bisa segera terwujud, Ladies. Caranya simple, kamu wajib menghitung semua biaya perlengkapan pesta secara teliti. Terutama biaya catering pernikahan yang dapat menghemat 30-40 persen dari total keseluruhan budget. Nah, berikut tips yang wajib kamu terapkan untuk menghemat biaya catering pernikahan murah meriah tapi tetap memuaskan tamu.

1. Membatasi Jumlah Tamu

1. Membatasi Jumlah Tamu
source: https://www.instagram.com/diegosilvacenografia
Berbagi kebahagiaan dengan mengundang keluarga, teman, dan kerabat tentu boleh-boleh saja. Tapi, jangan ngeyel mengundang banyak tamu jika anggaran biaya pernikahanmu super minim Ladies. Akan jauh lebih bijak untuk membatasi jumlah tamu yang akan diundang. Misalnya, hanya para keluarga dan sahabat saja. Jumlah tamu yang sedikit justru akan membuat pesta pernikahannmu jauh lebih sakral, hangat, akrab, dan intim satu sama lain.
 
baca juga

2. Teliti Memilih Menu

2. Teliti Memilih Menu
source: https://www.instagram.com/weddingsbykx

Untuk menghemat 30-40 persen anggaran catering pernikahan, hindari ngasal pilih menu. Kamu bisa memilih hidangan lauk bertulang, Ladies. Seperti, ayam dan ikan. Selain pertimbangan harga yang lebih murah, para tamu cenderung menghabiskan waktu yang cukup lama untuk menikmati lauk bertulang daripada daging filet. Hal ini dapat meminimalisir tamu yang doyan nambah-nambah. Sayang kan kalau sampai ada tamu yang tidak kebagian menu.

3. Hitung Jumlah Porsi

3. Hitung Jumlah Porsi
source: https://www.instagram.com/hellocatering_bekasi

Menghitung porsi makan tamu sangatlah mudah, Ladies. Cukup jumlah tamu undangan dikalikan 2. Sebab, biasanya, para tamu datang secara berpasangan. Misal, ada 300 undangan x 2 = 600. Jadi, total keselurahan catering pernikahan sebanyak 600 porsi. Dari 600 porsi tersebut, kamu bisa mengurangi 10 persen. Sebab, jarang ada tamu undangan yang bisa datang seluruhnya. Daripada mubazir lebih baik porsi dikurangi untuk menghemat biaya catering pernikahan.
 

baca juga

4. Kurangi Aneka Ragam Menu dan Tambahkan Jumlah Porsinya

4. Kurangi Aneka Ragam Menu dan Tambahkan Jumlah Porsinya
source: https://www.instagram.com/weddingsbykx

Tak dapat dipungkiri ya Ladies, di pesta pernikahanlah momen icip-icip kuliner gratis tersalurkan. Apalagi jika aneka ragam menu catering pernikahan disajikan lengkap dalam stall ataupun bucket. Kalau sudah seperti itu, pastilah para tamu tergoda mencicipi semua menu yang dihidangkan. Daripada banyak menu tapi porsinya terbatas, lebih baik memilih 3-4 ragam menu dengan jumlah porsi yang lebih banyak agar semua tamu kebagian.
 

5. Resepsi Pernikahan pada Malam Hari

5. Resepsi Pernikahan pada Malam Hari
source: https://www.instagram.com/phaophotography

Memilih waktu yang tepat untuk mengadakan pesta resepsi pernikahan kedengarannya mungkin sepele, Ladies. Namun, waktu menentukan porsi makan seseorang, lho. Usahakan mengadakan resepsi pernikahan pada pukul 7 malam. Sebab, biasanya, orang cenderung malas makan pada malam hari karena takut gemuk. Otomatis, mereka akan makan dengan jumlah sedikit dan jelas bisa menekan biaya catering pernikahanmu, Ladies.

Nah, beberapa tips di atas cukup ampuh untuk menyiasati biaya catering pernikahan murah. Meski murah, bukan berarti kualitas makanan yang disajikan menurun ya, Ladies. Batasi saja kuantitasnya. Semoga bermanfaat!