Saat kamu memeriksa kandungan shampoo yang ingin kamu gunakan, mungkin kamu menemukan beragam bahan termasuk produk dari hewan. Jika kamu tidak ingin menggunakan shampoo yang mengandung bahan-bahan dari hewan atau diujikan pada hewan, sebaiknya kamu beralih menggunakan shampoo vegan. Berikut 5 merek shampoo organik atau vegan yang bisa kamu gunakan!

Ingin Beralih ke Shampoo Vegan? 5 Merek Ini Layak Kamu Pertimbangkan!
source: https://kumparan.com/@kumparanstyle/mengenal-kosmetik-vegetarian-dan-apa-bedanya-dengan-kosmetik-vegan-1539170183376034130

1. The Body Shop

1. The Body Shop
source: https://my-best.id/88826/

The Body Shop merupakan salah satu brand yang memiliki misi turut menjaga keberlangsungan bumi dan telah dibuktikan melalui berbagai programnya. Salah satunya, program Bring Back Our Bottles (BBOB) yang merupakan program The Body Shop Indonesia yang mengajak konsumennya untuk membawa kembali kemasan kosong produk ke toko The Body Shop terdekat untuk didaur ulang.

Salah satu rekomendasi shampoo organik dari The Body Shop adalah Rainforest Moisture Shampoo. Diformulasikan untuk kamu yang sering styling rambut dan khawatir rambut kering atau kusam. Shampoo ini memiliki kandungan pracaxi dan manketti nut oil yang mampu mengembalikan kelembapan alami rambut. Fyi, The Body Shop merupakan brand yang 100% vegetarian serta cruelty free.

baca juga

2. Seed Phytonutrients Color Care Shampoo

2. Seed Phytonutrients Color Care Shampoo
source: https://www.harpersbazaar.co.id/articles/read/7/2019/7258/10-Sampo-Vegan-Terbaik-untuk-Semua-Jenis-Rambut

Masalah yang kerap menghampiri setiap rambut yang mengalami proses pewarnaan kimia adalah rambut kering, warna rambut memudar dan rambut menjadi lebih mudah rapuh. Seed Phytonutrients Color Care Shampoo salah satu produk sampo yang bisa kamu coba.

Seed Phytonutrients Color Care Shampoo diformulasikan dengan minyak biji raspberry organik, merupakan anti-oksidan yang kuat, membantu melindungi rambutmu terhadap pemudaran warna tanpa menggunakan bahan kimia dan sulfat yang keras. Mengandung 100% basil alami dan aroma nectatrine, produk ini efektif menjaga warna rambut kamu.

3. Love Beauty and Planet

3. Love Beauty and Planet
source: https://www.instagram.com/lovebeautyandplanet_id
Brand vegan yang baru saja resmi hadir di Indonesia ini memiliki visi untuk merawat kecantikan alami, tanpa merusak bumi. Love Beauty and Planet ingin membuat perubahan kecil melalui perawatan tubuh. Keharuman produk berasal dari aroma bahan alami yang ethnically sourced seperti French Lavender, Moroccan Mimosa Flower dan Bulgarian Rose.

Selain itu, kondisioner milik Love Beauty and Planet mudah dibilas sehingga lebih menghemat air. Mereka juga menggunakan botol daur ulang di setiap kemasan produknya. Produk shampoo dan conditioner terdiri dari 4 varian, yaitu:
  1. Love Beauty and Planet Argan Oil and Lavender untuk rambut kering, kusut dan kasar kembali lembut dan halus.
  2. Love Beauty and Planet Coconut Water and Mimosa Flower untuk rambut kuat, tebal ber-volume.
  3. Love Beauty and Planet Amazonian Murumuru Butter and Bulgarian Rose yang menyegarkan, melembapkan, memelihara dan melindungi rambut agar tampak sehat berkilau termasuk rambut berwarna.
  4. Love Beauty and Planet Australian Tea Tree and Vetiver, menjadikan rambut tampak lebih ber-volume, mengembalikan kesegaran rambut yang bersih menyeluruh.  
baca juga

4. Lush

4. Lush
source: https://www.jessicagracewhalen.com/essential-vegan-travel-toiletries/veganese/
4. Lush
source: https://www.allure.com/story/viral-lush-shampoo-bars/amp

Salah satu produk Lush yang fenomenal adalah shampoo bar. Seperti namanya, shampoo bar adalah shampoo dalam bentuk batangan. Karena minim kemasan, shampoo dalam bentuk batang ini lebih ramah lingkungan karena menghasilkan lebih sedikit sampah.

Selain itu, shampoo batangan lebih hemat dari segi ekonomi, karena bisa digunakan berkali lebih banyak dibanding shampoo dalam bentuk cair pada umumnya. Untuk kamu yang hobi traveling, pasti akan lebih nyaman karena aman saat pemeriksaan di bandara.

Lush shampoo bar tersedia dalam berbagai varian yang bisa disesuaikan dengan masalah rambutmu, seperti shampoo anti ketombe, shampoo untuk rambut kering, shampoo untuk rambut rusak, dan shampoo untuk membuat rambut lebih ber-volume. Namun jika kamu mencari shampoo dalam bentuk cair, tenang saja karena Lush pun menyediakannya.

5. Sukin

5. Sukin
source: https://www.instagram.com/sukinskincare

Sukin telah mendapat sertifikasi dari Leaping Bunny dan Choose Cruetly Free, artinya brand Australia ini cruelty free dan 100% vegan. Dari semua produknya, Sukin tidak menggunakan bagian dari hewan serta turunannya, seperti lanolin, madu dan beeswax. Selain skincare, Sukin pun memiliki aneka produk perawatan tubuh dan rambut, seperti shampoo untuk rambut kering, natural balance shampoo, hingga shampoo untuk rambut agar lebih ber-volume

Tertarik menggunakan produk shampoo vegan di atas, Ladies?