Vitamin C sudah sering digunakan dalam produk kecantikan. Vitamin yang bisa ditemukan dalam buah jeruk in menawarkan banyak manfaat untuk kulit. Serum Vitamin C sering menjadi solusi bagi berbagai macam masalah kulit yang dialami setiap wanita, mulai dari warna kulit yang tidak merata, teksturnya yang kasar, munculnya garis-garis halus di wajah, menghilangkan bekas jerawat hingga mencerahkan wajah yang kusam pun bisa diatasi dengan serum Vitamin C.

Banyaknya manfaat serum Vitamin C ini kemudian menimbulkan pertanyaan, bagaimana sebenarnya cara kandungan ini bekerja pada kulit wajah? Apakah hasilnya lebih cerah dan lebih halus karena kandungan antioksidan seperti yang ditemukan dalam jus jeruk yang sering kita minum?

Melihat banyaknya manfaat yang didapatkan dari serum Vitamin C untuk kulit, redaksi Allure pun berkonsultasi dengan para ahli untuk mempelajari semua hal tentang Vitamin C. Mulai dari apa saja yang membuat Vitamin C bermanfaat untuk kulit sampai cara terbaik untuk mendapatkan manfaat yang terkandung di dalamnya? Sudah siap, Ladies? Lets get started!

Suka Konsumsi Vitamin C? Ini Manfaatnya Bagi Kulit

Apa itu Vitamin C?

Kita mulai dari pengertian Vitamin C terlebih dahulu. Vitamin C merupakan kandungan antioksidan kuat yang dapat mentralkan radikal bebas. Hal ini disampaikan oleh seorang dokter bersertifikat bernama Patricia Wexler. Lebih lanjut Wexler menerangkan, karena sifat antioksidan itulah Vitamin C dapat membantu proses regenerasi kulit yang membantu tubuh memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Suka Konsumsi Vitamin C? Ini Manfaatnya Bagi Kulit
baca juga

Cara kerja Vitamin C

Cara kerjanya sama dengan ketika kita mengonsumsi makanan kaya antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas. Begitu juga dengan antioksidan topikal, ia melakukan hal yang sama untuk kulit dengan membantu mengimbangi agresor eksternal seperti kerusakan akibat sinar UV dan paparan polusi udara. Mereka mencegah atau mengurangi kerusakan sel-sel tubuh kita dengan menetralkan produksi molekul yang sangat reaktif yang disebut radikal bebas. Dengan kata lain, antioksidan membantu menjaga kesehatan tubuh dan sel-sel di dalam tubuh.

“Kekuatan bertarung melawan radikal bebas ini tidak hanya penting untuk melawan tanda-tanda penuaan dini. Dalam menetralkan radikal bebas ini, Vitamin C juga dapat membantu melindungi kulit dari perubahan prakanker yang disebabkan oleh paparan sinar UV” kata Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City kepada Allure.

Suka Konsumsi Vitamin C? Ini Manfaatnya Bagi Kulit

Manfaat lain Vitamin C bagi kulit

Selain kandungan antioksidan yang dapat membantu permasalahan kulit, Vitamin C juga memiliki sifat penyembuhan untuk kulit. Jadi, nggak ada salahnya jika kamu menyimpan obat-obatan yang mengandung Vitamin C di rumah. Pertama adalah karena vitamin C sangat asam. Ketika Vitamin C digunakan secara topikal, kulit akan dipicu untuk menyebuhkan dirinya sendiri dengan mempercepat kolagen dan elastin. Hal ini dijelaskan oleh dokter kulit Howard Sobel yang berbasis di New York City.

Manfaat lainnya adalah Vitamin C mengandung zat yang menghambat produksi melanin di kulit yang menyebabkan perubahan warna kulit. Seperti bintik hitam dan hiperpigmentasi. Dengan penggunaan topikal yang berkelanjutan, Vitamin C dapat membantu mencegahnya munculnya bintik-bintik hitam di wajah.  Lebih lanjut, Sobel menjelaskan bahwa Vitamin C merupakan pencerah kulit yang unggul dalam memudarkan bintik-bintik cokelat tanpa mengubah pigmentasi kulit normal.

Suka Konsumsi Vitamin C? Ini Manfaatnya Bagi Kulit
baca juga

Cara terbaik menggunakan Vitamin C dalam skincare routine harian

3 dokter telah sepakat bahwa produk perawatan kulit Vitamin C terbaik untuk digunakan sebagai serum. Karena serum lebih efektif daripada krim atau toner. Untuk hasil terbaik, kamu bisa mencampurkan Vitamin E ke dalamnya. Asam askorbat murni secara konsisten telah terbukti menjadi yang paling efektif dalam menembus penghalang kulit. Sehingga efektifitas Vitamin C akan meningkat ketika dikombinasikan dengan antioksidan lain seperti Vitamin E. Kedua kandungan ini jika digabungkan dapat menggandakan perlindungan terhadap kerusakan akibat radikal bebas.

Selain dalam bentuk serum, kamu juga dapat mendapatkan manfaat kandungan Vitamin C dalam priduk perawatan lainnya. Termasuk tetrahexyldecyl askorbate, magnesium ascorbl phosphate dan methylsilanol askorbate. Meski memiliki banyak manfaat untuk kulit, ternyata tidak semua orang bisa menggunakan Vitamin C. terutama mereka yang mereka kulit sensitif atau alergi.

Ladies, itulah semua informasi tentang Vitamin C yang perlu diketahui. Jadi, jangan ragu untuk mulai menambahkan serum Vitamin C ke dalam skincare routine harianmu, ya!

Suka Konsumsi Vitamin C? Ini Manfaatnya Bagi Kulit