Menurut beberapa pakar kesehatan camilan sehat adalah camilan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh, antara lain: vitamin, protein, serat, mineral dan komponen bioaktif. Semua zat-zat tersebut berfungsi sebagai stimulan kesehatan bagi tubuh kita. Nah, apa saja camilan sehat dan bergizi yang dapat kamu nikmati sehari-hari? Yuk, simak penjelasan berikut.

1. Bolu Pisang Kukus

Mungkin kamu tidak asing dengan bolu pisang kukus. Kue ini cocok sekali dijadikan camilan sehat dan bergizi karena pisang kaya akan kandungan zat bioaktif yang dapat memberimu banyak energi. Camilan ini cocok dijadikan camilan saat kamu di kantor.

Selain sehat dan bergizi, kamu juga dapat membuat bolu pisang kukus sendiri di rumah. Dengan membuat bolu pisang kukus sendiri, kamu dapat menyesuaikan komposisi gizi yang cukup untuk tubuhmu. So, bolu pisang kukusmu dapat dijadikan teman minum kopi dan teh di sore hari.
 

1. Bolu Pisang Kukus
source: https://www.instagram.com/ritarita1049/?hl=id
baca juga

2. Puding Roti Toping Kismis

Camilan sehat yang satu ini cocok sekali dinikmati saat cuaca sedang panas-panasnya. Ya, betul sekali puding roti toping kismis. Perlu kamu ketahui, saat makan puding maka tubuh kamu akan terasa dingin. Hal tersebut karena puding dapat mendinginkan hawa panas pada tubuh manusia.

So, saat cuaca panas kamu dapat menikmati segarnya cita rasa puding roti toping kismis. Ketahuilah puding roti toping kismis ini banyak mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat dalam puding roti dapat memberikan banyak karbohidrat. Selain itu, kismis sebagai toping puding kaya akan zat besi dan vitamin B kompleks.

2.	Puding Roti Toping Kismis
source: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/17/Cara_buat_puding_roti.jpg/600px-Cara_buat_puding_roti.jpg

3. Roti Garlic

Roti garlic (garlic bread) merupakan camilan sehat dan bergizi yang berasal dari Perancis. Namun camilan ini juga populer di Indonesia. Rasanya yang asin dan gurih dapat membuatmu ketagihan ingin lagi dan lagi.

Kamu dapat membuat roti garlic sendiri di rumah dengan menyiapkan beberapa lembar roti tawar, margarin, bawang putih dan seledri secukupnya sesuai kebutuhan dan seleramu.
Cara membuatnya juga cukup mudah yaitu cincang bawang putih hingga halus lalu aduk hingga merata dengan margarin. Kemudian oleskan campuran margarin tersebut di permukaan roti tawar dan taburi permukaan roti dengan seledri cincang. Selanjutnya, panggang roti tawar selama 10 hingga 15 menit, mudah bukan? Silakan dicoba, Ladies.
 

3.	Roti Garlic
source: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/5/59/Garlicbread.jpg/800px-Garlicbread.jpg
baca juga

4. Yogurt Tawar Campur Irisan Buah

Saat ini yogurt sangat populer. Yogurt merupakan minuman yang menyehatkan tubuh. Hal tersebut karena yogurt terbuat melalui proses fermentasi bakteri pada susu. Yogurt ini dapat dijadikan camilan sehat dan bergizi. Selain itu, yogurt tawar tanpa rasa direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari.

Nah, bagi kamu yang belum terbiasa mengonsumsi yogurt tawar, kamu dapat mencampurnya dengan irisan buah. Yogurt tawar campur irisan buah ini dapat kamu jadikan camilan sehat dan lezat. Apalagi dikonsumsi saat kamu bekerja, pastinya akan menambah komponen zat bioaktif dalam tubuhmu.

4.	Yogurt Tawar Campur Irisan Buah
source: https://pxhere.com/id/photo/1203078

5. Kurma

Camilan sehat dan bergizi ini biasanya banyak dijual saat bulan puasa tiba. Namun, saat ini banyak sekali produsen yang menjual berbagai macam kudapan dengan bahan dasar kurma.

Perlu kamu tahu, kurma adalah jenis buah yang lezat dan bergizi. Dengan memakan tiga buah kurma, energimu akan bertambah. Selain itu, zat gula yang ada dalam kurma terbentuk secara alami dibandingkan dengan permen dan cokelat. So, bagi kamu yang masih suka ngemil permen dan cokelat, kamu dapat menggantinya dengan kurma.

5.	Kurma
source: https://cdn.pixabay.com/photo/2015/12/13/14/59/date-1091228_960_720.jpg

6. Edamame

Selain kurma, ada satu lagi camilan sehat dan bergizi yang dapat menjaga energi dalam tubuhmu tetap stabil yaitu edamame. Makanan sejenis kacang-kacangan yang berwarna hijau ini pada dasarnya adalah kedelai Jepang. Edamame ini memiliki bentuk yang unik seperti buncis namun berbulu.

Nah, untuk ngemil edamame ini kamu membelinya di supermarket atau saat ini banyak dijual online. Biasanya edamame ini dimasak dengan cara direbus. Rasa edamame gurih namun bagi kamu yang suka asin, kamu dapat menaburi edamame dengan garam.

6.	Edamame
source: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/3/3e/Edamame_with_salt.JPG/800px-Edamame_with_salt.JPG

7. Kacang Almond

Satu lagi jenis kacang-kacangan yang menyehatkan tubuh dan bergizi, yaitu kacang almond. Kacang almond ini memiliki kandungan gizi lengkap, seperti kalori, karbohidrat, mineral, protein, gula, serat, lemak, vitamin, sodium, kalsium dan zat besi. Kebayang kan, Ladies manfaat kacang almond bagi tubuh kita?

So, bagi kamu yang ingin ngemil tanpa ribet saat ngantor, kamu dapat ngemil kacang almond. Pastinya akan banyak manfaat yang akan kamu dapat, antara lain: almond dapat meningkatkan kerja otak, mencegah jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, almond dapat membantu menyeimbangkan berat badan. Artinya dengan ngemil kacang almond, kamu tidak perlu takut tubuh kamu gemuk.
 

7.	Kacang Almond
source: https://cdn.pixabay.com/photo/2018/06/19/05/57/almond-3483931_960_720.jpg

Nah, bagaiman Ladies? Tujuh camilan tersebut adalah camilan sehat dan bergizi yang dapat kamu nikmati sehari-hari tanpa takut obesitas. Selain itu, empat di antaranya dapat kamu buat sendiri di rumah. Mulailah untuk hidup sehat ya?