Sejak lama, LUX berkomitmen menginspirasi wanita untuk berani mengungkap sisi feminin dan mengekspresikan kecantikannya. Tak sekedar kecantikan luar, LUX juga mengajak wanita Indonesia untuk memancarkan kecantikan dari dalam.

Komitmen itulah yang mendorong brand sabun pertama yang menggunakan bintang Hollywood dalam iklannya ini meluncurkan produk terbaru hasil kolaborasi bersama Maudy Ayunda dan kampanye #STOPBeautyBullying. Peluncuran produk dan kampanye tersebut dikemas dalam bentuk talk show yang berlangsung di The Hermitage, Jakarta Pusat, Senin (29/7).
 

Bersama Maudy Ayunda, LUX Luncurkan Produk Terbaru dan Kampanye #STOPBeautyBullying

"LUX percaya bahwa setiap perempuan itu cantik dan berhak untuk mengekspresikan kecantikannya tanpa terkecuali. Melalui #STOPBeautyBullying, kami ingin mengingatkan dan mengajak wanita Indonesia untuk stop beauty bullying," kata Maulani Affandi, Head of Skin Cleansing & Baby PT Unilever Indonesia Tbk.

Bersama Maudy Ayunda, LUX Luncurkan Produk Terbaru dan Kampanye #STOPBeautyBullying

Maudy Ayunda yang juga hadir dalam talk show tersebut membagikan pengalamannya tentang beauty bullying. Ia menyebut telah melakukan observasi di sosial media.

"Aku sendiri juga pernah mengalami beauty bullying seputar fisik, komentar-komentar yang mengejek. Tentu hal itu bisa membuat orang overthinking, atau jadi insecure. Yang aku sayangkan, kejadian ini terjadi antara perempuan ke perempuan," kata Maudy.

"Jadi aku senang punya kesempatan untuk mengangkat isu ini. Responnya, ternyata banyak juga yang haus membahas hal ini. Jadi kita semua bisa berdiskusi dan saling bertukar pendapat," lanjutnya.

Meski sempat menerima komentar-komentar negatif, Maudy punya cara sendiri untuk membentengi dirinya. Ia selalu mengingatkan dirinya kembali tentang self-value yang ia miliki.

"(solusinya) aku mengingatkan diri sendiri. Even if it's an issue, itu menurut orang lain. Semua itu subjektivitas, dan aku punya subjektivitasku sendiri tentang self-value diriku. Fokus ke perkembangan diri, karena kita tahu cantik itu lebih dari yang terlihat. I love my self and i wanna express my self," jelas Maudy.

baca juga
Bersama Maudy Ayunda, LUX Luncurkan Produk Terbaru dan Kampanye #STOPBeautyBullying

Masalahnya, tidak semua wanita memiliki benteng yang kuat terhadap komentar-komentar negatif. Nuran Abdat, Psikolog Klinis dari Brawijaya Healthcare , M.Psi, yang turut hadir dalam acara ini pun mengingatkan dampak extreme dari beauty bullying.

"Dampak dari tindakan ini dapat mengganggu kondisi mental pelaku dan korbannya. Bahkan yang paling berbahaya, para korban sampai memiliki pikiran untuk bunuh diri, atau bahkan melakukan bunuh diri," kata Nuran. 

Selain Nuran, Lily Puspasari, Programme Management Specialist UN Women juga mengingatkan para wanita Indonesia untuk tidak menganggap beauty bullying sebagai hal yang normal. Ia pun mengajak wanita Indonesia untuk bijaksana dalam berbicara.

"Before you speak, let your words pass through three gates: “Is is true?”, “Is it necessary?”, and “Is it kind?”," kata Lily.
 

Bersama Maudy Ayunda, LUX Luncurkan Produk Terbaru dan Kampanye #STOPBeautyBullying

Bersamaan dengan berlangsungnya kampanye #STOPBeautyBullying, LUX juga meluncurkan produk terbarunya bersama Maudy Ayunda, yakni LUX by Maudy Ayunda, Shimmering Sandalwood Musk. Sabun mandi terbaru dari LUX ini terinspirasi dari keharuman bunga tuberose yang berisinar bahkan dalam kegelapan.

baca juga
Photo by: cewekbanget.id / Nada
Photo by: cewekbanget.id / Nada

LUX menginspirasi perempuan Indonesia untuk tetap berkarya meski menjadi korban social beauty bullying. “Kami berharap semakin banyak perempuan Indonesia melawan social beauty bullying. There is no such thing as beauty standard, because every women is beautiful,” tutup Maulani.


Yuk, dukung sesama perempuan dengan tidak melontarkan komentar-komentar negatif di media sosial ya, Ladies!