Mitos seputar kehamilan sangat menarik untuk dipahami. Banyak masyarakat yang masih percaya mitos kehamilan yang tidak terbukti oleh dunia medis. Alasannya beraneka ragam, dari mulai kepercayaan hingga untuk pencegahan.

Apa arti mitos sebenarnnya? Mitos adalah cerita-cerita tradisional yang berkembang di masyarakat, biasannya cerita ini dianggap berkaitan dengan kepercayaan ataupun kebudayaan. Sehingga walaupun tidak dapat dibuktikan hal ini masih dipegang teguh dalam masyarakat. Apa saja mitos tentang hamil muda yang masih dipercaya di masyarakat?
 
7 Mitos Tentang Hamil Muda yang Dipercaya, Apakah Benar?
source: https://id.pinterest.com/briarhandmade/

Tidak Boleh Menjahit

Mitos dan fakta tentang larangan wanita yang sedang hamil muda untuk menjahit telah lama berkembang di masyarakat Indonesia. Apabila wanita yang sedang hamil menjahit baju akan berakibat kepada bayinya. Bayi yang dilahirkan akan memiliki bibir sumbing. Faktanya secara medis hal ini tidak berhubungan sama sekali. Tidak ada korelasi yang jelas mengapa ibu yang sedang hamil dapat berakibat pada fisik anak yang akan dilahirkan. 

Penyebab dari bibir sumbing sulit dipastikan dengan jelas. Tetapi penyebab anak memiliki bibir sumbing berhubungan dengan genetik dan gaya hidup ibu hami. Bukan karena ibu hamil menjahir pakaian.

Tidak Boleh Menjahit
source: https://id.pinterest.com/sewcanshe/
baca juga

Tidak Boleh Olahraga saat Hamil


Ibu hamil tidak boleh berolahraga, karena dapat mempengaruhi kondisi bayi dan fatalnya dapat menyebabkan keguguran. Faktanya ibu hamil disarankan untuk melakukan olahraga agar memudahkan saat proses kehamilan, tetapi olahraga yang disarankan sesuai kemampuan ibu hamil. Olahraga yang terlalu berat dapat membuat ibu hamil kelelahan dan berakibat pada kondisi anak. So, ini mitos atau fakta nih, Ladies
Tidak Boleh Olahraga saat Hamil
source: https://id.pinterest.com/toneitup/

Menjauhi Binatang

Ibu hamil tidak boleh memilihara binatang karena dapat menyebabkan berbagai penyakit. Faktanya ibu hamil masih dapat memiliraha binatang. Keadaan ibu hamil yang lebih sensitive dapat menyebabkan penyebaran penyakit lebih mudah. Sehingga bukan berarti tidak boleh memelihara binatang.

Untuk ibu hamil yang menyukai binatang perlu banget untuk memperhatikan kesehatan dan kebersihan peliharaan sehingga agar tetap aman. Hindari juga kontak dengan kotoran hewan karena banyak bakteri dan parasit yang hinggap.

Menjauhi Binatang
source: https://id.pinterest.com/Rclairebow/
baca juga

Dilarang Mengkonsumsi Durian

Mengonsumsi durian saat hamil muda dapat menyebabkan keguguran. Sehingga banyak wanita hamil menghindari buah dengan bau yang khas ini. Buah durian ini memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil seperti antimikroba, antibakteri dan antijamur. Dalam durian mengandung organo-sulfur dan triptofan yang bertindak sebagai antioksidan. Walaupun memiliki banyak manfaat, konsumsi durian tidak boleh berlebihan. 

Dilarang Mengkonsumsi Durian
source: https://id.pinterest.com/rachelrphoto/

Morning Sickness Terjadi Sepanjang Kehamilan


Morning sickness tidak hanya terjadi pada pagi hari tetapi juga sepanjang hari. Morning sickness biasannya terjadi pada trisemester pertama. Hal ini disebabkan adanya berubahan hormon pada ibu hamil sehingga butuh penyesuaian. Saat memasuki bulan ke-empat morning sickness akan kembali menghilang. Jadi tidak perlu cemas saat mengalami morning sickness. 
Morning Sickness Terjadi Sepanjang Kehamilan
source: https://id.pinterest.com/verywell/

Ngidam Tidak Terpenuhi

Saat hamil banyak wanita merasakan ngidam. Ingin makanan pedas, asam ataupun makanan yang susah untuk dicari. Tidak terpenuhi keinginan ibu hamil dapat mempengaruhi kondisi anak yang akan dilahirkan. Mitos yang berkembang di masyarakat anak akan bayi ngeces.  Faktanya keinginan saat hamil ini dikarenakan perubahan hormon pada ibu hamil sehingga menginginkan makanan yang pedas dan asam.

Ngidam Tidak Terpenuhi
source: https://id.pinterest.com/ffuerman/

Tidak Boleh Memotong Rambut

Ibu hamil dilarang untuk memotong rambut dikarena dapat menyebabkan anak yang dilahirkan cacat. Mitos ini banyak dipercaya di masyarakat yang menyebabkan para ibu hamil takut untuk memotong rambut. Walaupun secara medis tidak terbukti hubungan antara memotong rambut dan cacat fisik pada anak, mitos ini masih dipegang oleh banyak wanita hamil. Faktanya saat hamil banyak wanita disarankan untuk memotong rambut agar lebih mudah dalam penataan dan tidak kegerahan.

Tidak Boleh Memotong Rambut
source: https://id.pinterest.com/best_hairstyles/
youtube:eeymkM7utgc
source: https://www.youtube.com/watch?v=eeymkM7utgc
Serba-Serbi Ibu Melahirkan di Rumah, Amankah?