Skintone atau Warna Kulit

Skintone atau Warna Kulit
source: https://allure.com

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan saat memilih foundation adalah warna kulit atau skin tone-mu. Pastikan kamu memilih foundation dengan warna yang sama dengan warna kulit kamu ya, Ladies. Foundation dengan warna yang lebih terang hanya akan membuat kulitmu jadi berwarna abu-abu. Sementara foundation dengan warna lebih gelap akan membuat kulitmu terlihat lebih kusam.

 

Undertone atau Warna Bayangan Kulit

Undertone atau Warna Bayangan Kulit
source: https://perfectbeauty.id

Selain skin tone, kamu juga perlu memperhatikan undertone atau warna bayangan kulit kamu sebelum memilih foundation. Setidaknya ada tiga warna undertone, yakni pink (cool undertone), yellow (warm undertone), dan netral. Kulit wanita Indonesia biasanya memiliki undertone yellow, tapi tidak menutup kemungkinan juga kalau ada yang punya undertone pink dan netral. Pastikan kamu sudah mengetahui undertone kamu agar warna foundation terlihat lebih pas di wajah kamu ya, Ladies.

 

baca juga

Coverage atau Daya Tutup Foundation

Coverage atau Daya Tutup Foundation

Selanjutnya, kamu juga perlu memperhatikan coverage atau daya tutup foundation. Untuk kamu yang suka tampilan natural, sebaiknya pilih foundation dengan sheer coverage atau yang tidak terlalu menutup. Sementara kalau kamu suka tampilan yang flawless, foundation full coverage bisa jadi jawabannya.
 
Agar tidak perlu membeli beberapa jenis foundation, kamu bisa juga memilih foundation yang buildable. Dengan begitu, kamu bisa mengatur daya coverage dengan menambah atau mengurangi jumlah produk yang digunakan.

 

Hasil Akhir

Hasil Akhir

Foundation digunakan sebagai base makeup yang menjadi kunci utama look kamu. Kamu bisa memilih hasil akhir foundation sesuai dengan jenis kulit dan tema makeup yang kamu inginkan, Ladies. Kalau kulit kamu kering atau ingin look glowing ala makeup Korea, cuma gunakan foundation dengan hasil akhir dewy. Tapi kalau kulitmu berminyak atau ingin tampilan makeup yang lebih tahan lama, kamu bisa memilih foundation dengan hasil akhir matte.
 
Saat ini, adapula foundation yang punya hasil akhir semi-matte atau biasa disebut velvet. Foundation ini pas untuk kamu yang ingin makeup lebih tahan lama namun tidak ingin terlihat terlalu matte.

Jadi, tidak perlu lagi bingung pilih foundation kan, Ladies?