Bagi wanita yang sedang hamil harus mulai beradaptasi dengan berbagai aturan baru demi kesehatan janin yang ada di dalam perutnya. Selain pola makan dan gaya hidup, jangan lupa memerhatikan kandungan di dalam kosmetik dan skincare yang digunakan setiap hari.

Menurut para ahli secara umum para wanita hamil dianjurkan untuk menghindari produk skincare yang mengandung accutane, retinol, tretinoin, hydroquinone, salicylic acid, benzoyl peroxide, dan paraben. Meski sudah mengetahui beragam kandungan yang perlu dihindari terkadang kita masih bingung memilih produk skincare yang aman. Apalagi bagi pemilik kulit sensitive,oily dan acne prone. Tak perlu bingung, beauty vlogger, Alifah Ratu memberikan rekomendasi skincare yang aman untuk bumil nih!

7 Rekomendasi Skincare Aman untuk Ibu Hamil ala Alifah Ratu
source: https://www.instagram.com/alifahratu/

Mengangkat Makeup dan Kotoran di Wajah

Untuk membersihkan makeup dan mengangkat sisa-sisa kotoran di wajah, Alifah menggunakan dua produk pembersih wajah. Pertama Nivea Double Effect Eye Makeup Remover untuk membersihkan produk makeup waterproof seperti maskara, eyeliner dan lipstik. Sedangkan untuk membersihkan foundation Alifah memilih Bioderma Sensibio H20 Micellar Water Pink for Sensitive Skin.

Mengangkat Makeup dan Kotoran di Wajah
baca juga

Membersihkan Wajah

Untuk membersihkan wajah dengan menggunakan sabun cuci muka Alifah memilih Cetaphil Gentle Skin Cleanser dengan kandungan gentle di dalamnya sehingga bebas dari kandungan yang berpotensi mengiritasi kulit wajah. Selain itu Alifah juga menggunakan bantuan cleansing tools foreo luna mini 2 untuk membantu membersihkan wajah dan berfungsi sebagai exfloating , karena selama hamil Alifah tidak menggunakan scrub wajah. Selain  foreo luna mini Alifah juga merekomendasikan cleansing tools lainnya yang bisa dipakai seperti Miniso Pobling Brush dan Innisfree Volcanic Konjac Cleansing Sponge.

Membersihkan Wajah

Toner

Toner berfungsi untuk mengembalikan ph kulit setelah cuci wajah. Selama hamil Alifah menggunakan rose water dari Naked Origin 100% Distilled Rose Water sebagai hydrating toner sehingga tidak membuat kulit wajah menjadi kering setelah pemakaian bahkan membuat kulit menjadi lebih lembab.

Toner
baca juga

Serum

Sebagai pemilik jenis kulit senstive, acne prone dan oily skin Alifah tidak bisa lepas dari obat jerawat. Namun selama hamil ini Alifah menghindari obat jerawat karena di dalam obat jerawat terdapat kandungan yang berbahaya bagi ibu hamil. Maka untuk mengatasi jerawat Alifahmenggunakan serum dan kali ini Alifah memakai serum dari Skin1004 Madagascar Centella Asiatica. Centella Asiatica merupakan ekstrak pegagan yang berfungsi untuk menenangkan kulit wajah yang kemerahan akibat dari iritasi dan dapat menghydrating sehingga tidak membuat kulit wajah menjadi kering.

Serum

Pelembap Wajah

Karena menyukai kandungan Centella Asiatica maka untuk pelembap wajah Alifah memilih produk yang mengandung Centella Asiatica. Alifah menggunakan dua produk pelembap, yaitu dari Skin1004 Madagascar Centella Asiatica Cream dan IUNIK Centella Calming Gel Cream. Kedua produk ini bagus untuk kulit senstive yang mudah sekali berjerawat. Kedua produk ini dipakai Alifah secara bergantian.

Pelembap Wajah

Sunscreen

Untuk senantiasa melindungi kulit dari paparan sinar matahari maka perlu memakai sunscreen. Kandungan zinc oxide dan titanium dioxide merupakan dua kandungan yang baik di pakai oleh ibu hamil. Alifah memilih produk  COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF 50 + PA+++. Produk ini dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari karena mengandung SPF 50 dan juga melembapkan wajah karena sudah mengandung aloe vera. Kandungan Aloe vera merupakan pelembap yang bagus untuk kulit sensitive. 

Sunscreen

Sleeping Mask

Untuk skincare routine malam Alifah menggunakan rangkaian skincare yang sama seperti skincare routine di pagi hari. Namun melewati penggunaan sunscreen karena di malam hari tidak ada sinar matahari dan menggunakan satu produk lainnya yaitu sleeping mask. Produk sleeping mask yang dipakai oleh Alifah yaitu Dr. Jart+ Cicapair Night Re Pair yang memiliki kandungan Centella Asiatica. Dipakai pada step terakhir setelah selesai pemakaian semua rangkaian skincare.

Sleeping Mask

Untuk lebih lengkapnya kamu bisa menyimak video Skincare Routine Hamil + Praktek | Sensitive, Acne Prone, & Oily Skin dari Alifah Ratu di bawah ini !

youtube:AiO7Qsda1iw
source: https://www.youtube.com/watch?v=AiO7Qsda1iw&t=577s
SKINCARE ROUTINE HAMIL + PRAKTEK | Sensitive, Acne Prone, & Oily Skin