1. Jadikan Prioritas

Selama ini prinsip menabung sering disalah artikan. Menabung dikatakan menyisihkan uang. Padahal menabung harusnya menjadi prioritas, bukan karena sisa uang yang disisihkan setelah digunakan. Pemahaman ini juga harus diterapkan untuk tabungan pernikahan. Dengan cara memprioritaskan, tidak akan lagi terasa berat ketika mengambil sebagian uang dari penghasilan untu masuk ke tabungan pernikahan. Ambil jatah tabungan di awal kamu memperoleh pendapatan, bukan ketika uangmu sudah hampir habis.
 

1. Jadikan Prioritas
source: https://www.pixabay.com

2. Tentukan Presentase yang Sama

Menentukan presentase tertentu untuk pos-pos pengeluaran menjadi cara yang tepat dalam mengelola keuangan. Hal ini juga bisa kamu lakukan untuk tabungan pernikahan. Kamu bisa menentukan sendiri seberapa besar presentase uang yang harus kamu sisihkan dari pendapatanmu. Aturan ini berlaku baik bagi yang memiliki pendapatan tetap maupun yang penghasilannya tidak tetap, semisal pebisnis. Sebagai contoh, kamu akan mengambil 20% dari penghasilanmu untuk tabungan pernikahan.
 

2. Tentukan Presentase yang Sama
source: https://www.pixabay.com
baca juga

3. Siapkan Tempat Tersendiri

Menabung kadang menjadi hal sulit karena sering datangnya godaan untuk berbelanja. Apalagi berbelanja sekarang semakin mudah dengan cara online. Karenanya kamu bisa mempertimbangkan untuk membuka rekening khusus bagi tabungan pernikahan. Akan lebih baik jika rekening tersebut memiliki batasan untuk penarikan tunai. Sehingga kamu akan sedikit kesulitan ketika akan mengambil uangnya. Kesulitan ini justru akan membuat tabungan pernikahanmu aman.
 

3. Siapkan Tempat Tersendiri
source: https://www.bisnis.com/

4. Kendalikan Hasrat Berbelanja

Keinginan belanja kadang kala hanyalah nafsu yang bisa muncul secara tiba-tiba. Latih dirimu untuk mampu mengenali apakah keinginan tersebut benar-benar sebuah kebutuhan atau hanya sekadar ‘lapar mata’. Jika bukan kepentingan mendesak atau masih bisa digantikan dengan cara lain, segera lupakan keinginan tersebut. Atau kalau terus menurutinya, uang tabungan pernikahanmu bisa sedikit demi sedikit berkurang hingga habis.
 

4. Kendalikan Hasrat Berbelanja
source: https://www.pixabay.com
baca juga

5. Ingat Impianmu

Kamu pasti ingin merasakan pernikahan terindah yang tak terlupakan. Untuk mewujudkannya, kamu tentu membutuhkan banyak uang. Karenanya, jika muncul keinginan untuk menghamburkan uang, ingat kembali pernikahan seperti apa yang menjadi impianmu. Pikirkan juga bahwa kamu tidak akan membebani orang lain dengan impianmu tentang pernikahan. Akan sangat membanggakan dan lebih berkesan jika pernikahan impianmu terwujud karena keberhasilan usahamu.
 

5. Ingat Impianmu
source: https://www.pixabay.com/

Lakukan dengan sungguh-sungguh agar hasilnya maksimal ya, Ladies!