Sempat menunda kehamilan selama satu tahun, perasaan galau dan was-was menyelimuti hati Titi Kamal pada saat itu. Bagaimana tidak, diusia pernikahannya yang menginjak tahun ke-4, istri aktor tampan Crhistian Sugiono tersebut tak kunjung dikarunia buah hati. Padahal sebelumnya, Titi mengira hamil itu gampang! Nyatanya, tidak semudah yang dia bayangkan.
 
Melalui akun Youtube miliknya, Titi Kamal bercerita tentang bagaimana dia berjuang selama 4 tahun demi mendapatkan anak. Berikut rangkuman tips yang ia bagikan dalam video di vlognya Ladies!

1. Makan Makanan yang Sehat dan Bergizi

1. Makan Makanan yang Sehat dan Bergizi
source: https://www.instagram.com/titi_kamall/

Sempat salah metode program hamil, Titi Kamal kembali berkonsultasi dengan dokter dan disarankan untuk menjalani program diet. Semenjak itu, Titi Kamal mulai menjalani pola hidup sehat dengan membiasakan diri makan makanan bergizi atau yang ia sebut “cleaneating”

Dia mengurangi konsumsi gula, garam, bahkan kecap. Menghindari makanan bersanten dan rutin makan sayur bening seperti jagung dan wortel. Selain makan sayur, pemain Film Ada Apa dengan Cinta juga rajin mengonsumsi buah yang rasanya tidak terlalu manis. Misalnya, buah apel, jambu biji, jambu air, semangka, melon, dan buah pir. Minum air putih yang banyak juga menjadi faktor terpenting untuk melancarkan peredaran darah!
 
“Selain memang mau program hamil, kita juga bisa hidup lebih sehat juga, dan bonusnya jadi langsing, bisa turun berat badan juga," Kata Titi. Nyatanya, saat itu, berat badan Titi memang berhasil turun 5-6 kg..
 

baca juga

2. Olahraga Rutin

2. Olahraga Rutin
source: https://www.instagram.com/titi_kamall

Masih dalam rangkaian pola hidup sehat, jangan lupakan agar selalu rutin berolahraga ya. Skip rasa malas, dan mulai gerakkan tubuhmu. Tidak harus olahraga berat, contoh olahraga simple ala Titi Kamal dengan cara berjalan keliling kompleks, jalan cepat (treatmil), dan renang paling sedikit seminggu 3 kali selama minimal 30 menit per sesinya.

3. Istirahat yang Cukup

3. Istirahat yang Cukup
source: https://www.instagram.com/titi_kamall

Agar program hamil sukses sesuai harapan, kamu tidak boleh lalai memerhatikan porsi istirahat Ladies. Terutama bagi para wanita yang bekerja seperti istri Christian Sugiono. Usahakan tidur tepat waktu tidak lebih dari jam 10 malam setiap harinya. “Istirahat juga harus banget teratur, nggak boleh banget begadang. Supaya organ-organ tubuh kita bisa bekerja dan beristirahat pada waktunya yang tepat," tutur Titi dalam videonya.

baca juga

4. Hilangkan Stress

4. Hilangkan Stress
source: https://www.instagram.com/titi_kamall

Ternyata, seorang Titi Kamal juga tak luput dari sindiran dari orang sekitar gara-gara tak kunjung hamil. Meski sempat drop, ibu dua anak ini menghindari berbagai macam sindiran, atau pertanyaan negatif. Karena hal itu akan membuat kamu lebih stres.

“Hindari banget yang namanya drama, stress, pusing, kalau ada aura negatif di sekitar kamu langsung aja dihindari. Tenangkan pikiran dengan cara hangout sama teman-teman, nonton film kocak, atau ke salon mungkin," katanya.

5. Sering Konsultasi

5. Sering Konsultasi
source: https://www.instagram.com/titi_kamall/

Tips nomor 5 benar-benar menguji seberapa besar usaha dan harapan kamu untuk bisa menimang buah hati. Ya, ternyata jangan hanya mengandalkan nasihat dari satu dokter saja.

“Karena program hamil itu cocok-cocokan," kata Titi Kamal. Cari refrensi sebanyak-banyaknya entah itu dari teman, buku, atau konsultasi dari dokter satu ke dokter yang lain. Jangan malu bertanya, semua usaha wajib dicoba!

“Waktu itu aku sempat cuma 1 dokter selama 8 bulan, itu salah karena belum tentu kita ketemu yang tepat. Jadi harus cari second opinion, third opinion, jangan malu untuk bertanya," kata Titi.

6. Kenali Masa Subur

6. Kenali Masa Subur
source: https://www.instagram.com/titi_kamall/

Sebagian wanita merasa kesulitan mengenali masa suburnya sendiri. Advice dari Titi Kamal adalah minta bantuan dokter. Jadi kamu harus mencatat tanggal dimulainya haid atau menstruasi. Setelah itu, informasikan ke dokter kandungan langganan untuk dibantu mengenali kapan masa suburmu, dan selanjutnya, tinggal atur jadwal waktu berhubungan intim yang tepat dengan suami. 

Titi menjelaskan, “jadi kita hitung tanggal periodenya, jadi nanti bisa kasih tahu ke dokter. Nanti ngatur jadwalnya akan mudah sama dokter. Setelah tahu telat haid, langsung rajin test pack, dan kalau positif segera ke dokter untuk dikasih obat penguat kandungan."

6. Kenali Masa Subur
source: https://www.instagram.com/titi_kamall

Program kehamilan tersebut, sukses mewujudkan impian Titi Kamal dan sang suami untuk dapat menimang buah hati. Kini, artis cantik Titi Kamal dikarunia dua orang putera Arjuna dan Kai yang tampan.

Untuk selengkapnya, simak artikel di bawah ini ya:
 

youtube:c_qPfbxDpbE
source: https://www.youtube.com/watch?v=c_qPfbxDpbE
šŸ˜­SEMPAT SUSAH PUNYA ANAK, YANG BELUM NIKAH WAJIB LIAT JUGA PENTING!!
https://www.youtube.com/TitidanTian
source: https://www.youtube.com/TitidanTian