Tidak Ada Orang yang Berhak Merendahkan Orang Lain


Dapat Bully di Social Media, Apa yang Harus Dilakukan?
source: https://www.pexels.com/@rawpixel

Bullying yang didapatkan dari media sosial mungkin tidak menimbulkan luka dan lebam di tubuh. Tapi tak jarang, ucapan dan judgement yang diberikan pelaku bullying bisa menimbulkan rasa sakit hati dan berefek pada menurunnya tingkat kepercayaan diri. Saat mendapatkan bully di media sosial, ada satu hal yang perlu kamu sadari Ladies, yakni tidak ada satu pun orang yang berhak merendahkanmu.
 
Pelaku bullying di media sosial hanyalah orang-orang yang iri dengan pencapaian hidupmu saat ini. Bisa jadi, hidup mereka jauh dari kata bahagia. Karena tidak bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan, mereka akan menyerangmu dengan kata-kata merendahkan hanya untuk membuat dirinya merasa lebih baik. Dengan memahami jika dirimu berharga, bullying di media sosial tidak akan membuatmu merasa rendah dan jadi kehilangan kepercayaan diri.


Pelaku Bullying Bukan Sosok Sempurna


Dapat Bully di Social Media, Apa yang Harus Dilakukan?
source: https://www.pexels.com/@marcelo-chagas-861665

Di dunia ini tidak ada sosok yang sempurna, termasuk pelaku bullying yang menyerangmu. Mereka mungkin menghina karena kamu memiliki satu kekurangan, tapi mereka pun punya kekurangan lain. Coba kamu hitung, ada berapa banyak bakat dan sifat baik yang kamu miliki. Semua kelebihan yang ada padamu mungkin saja tidak ada pada diri mereka.

baca juga


Speak Up


Dapat Bully di Social Media, Apa yang Harus Dilakukan?
source: https://www.pexels.com/@italo-melo-881954

Saat mendapatkan bullying, sebaiknya kamu speak up menyuarakan ketidaksukaanmu terhadap tindakan orang tersebut. Katakan jika kamu tidak suka dengan apa yang ia perbuat dan minta mereka untuk berhenti melakukannya. Hal ini mungkin saja tidak bisa serta merta menghentikan perbuatan mereka, namun setidaknya kamu sudah menunjukkan sikap yang tepat. Jika bully tetap berlanjut setelah kamu mengungkapkan keberatanmu, kamu bisa meminta pertolongan orang lain untuk mempertimbangkan langkah yang perlu diambil.


Jangan Ragu Minta Pertolongan


Dapat Bully di Social Media, Apa yang Harus Dilakukan?
source: https://www.pexels.com/@divinetechygirl

Jika bully yang kamu dapatkan di media sosial sudah mengganggu kehidupanmu, tidak ada salahnya untuk meminta pertolongan. Kamu bisa menceritakan apa yang kamu rasakan kepada orang yang kamu percaya, entah itu orang tua, saudara, atau teman dekat. Dengan bercerita pada orang lain, kamu bisa mengurangi beban yang ada di pikiran dan hatimu. Jika bully yang kamu terima sudah bersifat mengancam, sebaiknya konsultasikan juga kepada pihak yang lebih berwenang mengenai langkah apa yang perlu kamu ambil untuk menghadapi hal ini.

baca juga


Move On dan Fokus Mengembangkan Diri


Dapat Bully di Social Media, Apa yang Harus Dilakukan?
source: https://www.pexels.com/@rawpixel

Bullying akan selalu meninggalkan luka di dalam hati kita. Namun jika terus terjebak dengan rasa sakit hati, kamu akan sulit maju. Setelah mendapatkan bully di media sosial, segeralah move on dan fokus mengembangkan dirimu. Perbaharui penampilanmu, tambah ilmu dan skill kamu, dan perluas lingkup pertemananmu. Dengan fokus mengembangkan diri, kamu bisa menunjukkan jika kini kamu menjadi pribadi yang lebih berkualitas dan meninggalkan para pelaku bullying jauh di belakangmu.

Dapat Bully di Social Media, Apa yang Harus Dilakukan?

Melawan bullying di media sosial adalah tugas kita bersama. Salah satu artis muda yang peduli dengan persoalan ini adalah Maudy Ayunda. Sebagai role model dari generasi milenial, Maudy Ayunda berani untuk speak up dan mengekspresikan femininity dengan caranya sendiri. LUX bersama Maudy Ayunda menyebarkan positive vibes ke semua wanita untuk mencintai dirinya sendiri melalui LUX by Maudy Ayunda varian Shimmering Sandalwood Musk. Sabun ini memiliki kandungan tuberose florals dengan aroma mewah musky sandalwood yang tahan lama, sangat tepat digunakan oleh setiap wanita untuk lebih percaya diri dan merasa bahagia menjadi dirinya sendiri.