Apa itu exfoliating toner?

Seperti namanya, exfoliating toner memiliki fungsi mengeksfoliasi atau mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit. Kandungan utamanya adalah acid, yang dapat berupa AHA (Alpha Hydroxy Acid), BHA (Beta Hydroxy Acid), atau PHA (Poly Hydroxy Acid). Bisa jadi kombinasi antara ketiga acid tadi.

Kamu tentu dapat menyesuaikan kondisi atau tipe kulitmu dengan acid yang akan kamu gunakan. Kebanyakan orang yang memiliki tipe kulit berminyak atau kombinasi cenderung menggunakan kandungan BHA, kulit kering cenderung menggunakan kandungan AHA, dan kulit sensitif cenderung menggunakan PHA. 

 

source: https://i2.wp.com/diamma.com/wp-content/uploads/2019/04/mengenal-exfo.jpg?w=640

Exfoliating toner untuk kulit kering

Tipe kulit kering akan lebih nyaman menggunakan acid toner dengan kandungan AHA atau glycolic acid yang water soluble. Kandungan ini tidak akan membuat kulitmu menjadi lebih kering setelah menggunakan toner.

Kamu dapat mencoba Pixi Glow Tonic yang memiliki kandungan glycolic acid sebesar 5%. Harganya memang lumayan mahal, tapi kamu tidak akan kecewa dengan hasilnya yang membuat wajahmu tidak lagi kusam. Harus diingat, bahwa exfoliating toner tidak boleh kamu gunakan setiap hari.

Kamu dapat menggunakannya 2 kali seminggu. Gunakan selalu suncreen pada pagi harinya. Karena setelah proses eksfoliasi kulit akan menjadi lebih sensitif.
 

source: https://i.pinimg.com/736x/cb/4d/48/cb4d4839b34829ace18b2c5c30beead9.jpg



 

baca juga

Exfoliating toner untuk kulit berminyak

Berbeda dengan tipe kulit kering, kulit berminyak akan lebih nayaman menggunakan BHA atau salicylic acid yang larut dalam minyak dan membantu membersihkan sebum pada wajah. Seringkali, sebuah produk toner menggabungkan berbagai AHA dan BHA yang berbeda pada konsentrasi yang lebih rendah, yang memungkinkan mereka menjadi efektif sambil meminimalkan potensi iritasi pada kulit.

Kamu dengan tipe kulit ini bisa mencoba Benton Aloe BHA Skin Toner dengan BHA sebagai kandungan acidnya. Toner ini sangat mild bagi pengguna pemula, tapi tetap bekerja untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu toner ini juga mengandung aloe vera yang dapat melembapkan kulitmu.
 

source: https://cdn10.bigcommerce.com/s-z3x4ykhn1j/products/440/images/1096/Benton_Aloe_BHA_Toner_1__71597.1511007463.1280.1280.JPG?c=2

Rekomendasi exfoliating toner murah


Masih takut mencoba exfoliating toner karena harganya yang lumayan mahal? Nah, kamu dapat mencoba produk lokal yang ramah di kantong. Wardah White Secret Exfoliating Lotion mungkin bisa menjadi alternatif. Siapa yang tak kenal brand ini? Terkenal dengan tagline halalnya, produk Wardah juga dibanderol dengan harga yang terjangkau. Produk ini diklaim mengandung AHA alami yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat kulit menjadi cerah.
 
source: https://ecs7.tokopedia.net/img/cache/700/product-1/2018/11/14/34711166/34711166_d42d35bd-9a92-4937-b2ae-a853bfb96467_1080_1080.jpg
baca juga

Exfoliating toner yang bagus?

Lalu apa exfoliating toner yang bagus? Semua produk skincare pada dasarnya cocok-cocokan. Bisa saja cocok dan bekerja dengan baik pada kulit A, tapi tidak cocok pada kulit B, begitupun sebaliknya.

Untuk mengetahui produk exfoliating toner yang bagus, kamu tetap harus melakukan trial and error. Sebelumnya, tentu saja kamu harus terlebih dahulu mengenali dengan baik kulit mu. Mulai dari jenis kulit, permasalahannya, dan mungkin hal hal yang harus dihindari.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari produk yang kamu gunakan, kamu harus menggunakannya secara rutin, dan sesuai aturan, ya. Jangan lupa pakai selalu pakai pelembap setelah mengaplikasikan exfoliating toner pada malam hari.

 

source: https://soc-phoenix.s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/wp-content/uploads/2017/06/19103310/woman-applying-skin-cream-600x450.jpg

Semoga informasi di atas bermanfaat ya, Ladies!