Mengatasi PMS dan Mood Swing

source: womantalk.com

Setiap bulan, banyak wanita berjuang menghadapi Premenstrual syndrome (PMS) yang melibatkan perubahan hormon penyebab munculnya mood swing. Kunyit asam ampuh dalam memperkuat daya tahan tubuh. Jadi, semua gejala sakit fisik jelang menstruasi seperti sakit kepala, lemas, hingga jerawat, bisa diminimalisir bahkan dihindari. Selain itu, kandungan kurkumin pada kunyit asam juga mampu menyeimbangkan zat kimia pada otak sehingga perubahan suasana hati yang drastis juga bisa dikontrol.
 

Jamu Kunyit Asam Meredakan Nyeri Haid

source: quitegoodfood.co.nz

Begitu masuk hari pertama haid, nyeri dan keram perut tak ubahnya musuh bebuyutan yang datang mengacaukan semua rencana baik. Di sinilah jamu kunyit asam bisa mengambil perannya. Kandungan kurkumin pada kunyit bekerja dengan mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim dan mengurangi produksi prostaglandin, yaitu hormon yang menciptakan rasa sakit dan pembengkakan.

Manfaat ini semakin diperkuat dengan reaksi tannin, saponin, sesquiterpenes, alkaloid, dan phlobotamin pada asam jawa yang dapat memengaruhi sistem saraf otonom dan otak. Selanjutnya, otak akan mengirimkan perintah ke tubuh untuk meredakan kontraksi rahim.
 

baca juga

Memperlancar Siklus Haid

source: quitegoodfood.co.nz

Siklus haid yang tidak teratur dapat membuat gejala PMS yang dirasakan jadi lebih parah. Jika dikonsumsi secara rutin dan berkala, jamu kunyit asam dapat membantu memperlancar siklus haid, lho. Kunyit dikenal sebagai sumber estrogen alami yang dapat memicu haid dengan aman.
 

Manfaat Jamu Kunyit Asam untuk Penyakit Diabetes

source: gulalives.co

Buat pengidap penyakit diabetes, cobalah untuk rutin mengonsumsi jamu kunyit asam. Kunyit telah lama diketahui dapat menurunkan gula darah pada orang dengan diabetes. Efek ini diduga akibat kemampuan antiinflamasi yang dimiliki oleh kunyit.
 

baca juga

Jamu Kunyit Asam Untuk Mengatasi Bau Badan

source: herbadrinknatural.com

Kunyit asam juga bisa jadi salah satu solusi mengatasi bau badan. Untuk hasil yang maksimal, tambahkan daun luntas di dalam kunyit asam yang hendak diminum.
 

Jamu Kunyit Asam Untuk Kecantikan

source: Instagram/suweorajamu28

Kunyit mengandung vitamin C yang berfungsi untuk membuat wajah terlihat lebih halus dan cerah. Kamu bisa membuktikannya dengan mencoba konsumsi jamu kunyit asam selama seminggu penuh. Hampir bisa dipastikan, kamu yang bermasalah dengan jerawat maka jerawatnya jadi lebih cepat kempes. Jamu kunyit asam juga bisa menjaga produksi kolagen dan minyak alami yang terdapat di bawah kulit sehingga kulit selalu terlihat segar, dan lembap.

source: Instagram/suweorajamu28

Nah, dengan segala kebaikannya, sekarang kamu tidak perlu ragu lagi untuk mulai rajin minum jamu kunyit asam. Sebagai rekomendasi, berkunjunglah ke kedai kopi dan jamu Suwe Ora Jamu di Jalan Petogogan I No. 28B, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Selain menyediakan menu jamu-jamu tradisional, kedai ini membuka kelas meracik jamu, lho!

Yuk, konsumsi jamu kunyit asam, Ladies!