Belakangan mulai muncul isu bahwa pembalut kemasan biasa membawa risiko buruk bagi kesehatan serta menimbulkan penimbunan sampah atau limbah. Nah, bagi kamu yang setuju dengan pernyataan di atas, kamu bisa mulai mencari info tentang beberapa alat yang lebih ramah lingkungan seperti berikut ini!

Pembalut Kain/Menstrual Pad

Alat pertama yang akan diulas adalah pembalut kain. Berbeda dengan pembalut kemasan yang hanya sekali pakai, pembalut ini sifatnya reusable, lho. Artinya kamu bisa menggunakan pembalut ini lebih dari sekali, hanya perlu mencucinya sampai bersih lalu digunakan kembali. Pembalut ini dibuat dari bahan microfiber dan lapisan luar berbahan polyester, yang dipastikan lembut dan berdaya serap tinggi. Takut bocor? Tenang saja, Ladies, pembalut ini dilengkapi kancing yang bisa membuatnya merekat dengan baik di celana.

Hal yang perlu diperhatikan ketika memilih alat ini adalah cara mencuci dengan baik dan benar. Tentu saja pembalut kain harus benar-benar bersih supaya tidak ada lagi sisa bakteri ketika digunakan kembali. Harga satuan untuk pembalut kain berkisar antara Rp30 - Rp60 ribu Rupiah saja, lho, Ladies.

Pembalut Kain/Menstrual Pad
source: https://i0.wp.com/greenandfrugal.com/wp-content/uploads/2019/02/Oko-Menstrual-Pads.jpg?fit=4032%2C3021&ssl=1
baca juga

Tampon

Berikutnya ada tampon, alat kecil berbentuk tabung yang bahannya kurang lebih sama dengan pembalut kemasan. Persamaan lainnya adalah cara kerja tampon yang juga menyerap darah haid serta hanya sekali pakai. Tampon juga harus diganti setelah buang air kecil. Bedanya, tampon akan lebih nyaman untuk beraktivitas sebab alat ini dipasang ke dalam vagina.

Memasukkan benda asing ke dalam vagina memang masih menjadi hal tabu di Indonesia. Namun begitulah cara kerja tampon, untuk membuat wanita merasa nyaman tanpa ganjalan selama masa haid. Satu paket tampon (kurang lebih isi 10) bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp100 ribu.

Tampon
source: https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2018/12/13/870e9392-556b-434c-870e-af853f8b26f2_169.jpeg?w=700&q=90

Menstrual Cup

Berbeda dengan tampon yang berfungsi menyerap, menstrual cup ini berfungsi menampung darah haid. Alat ini lebih menghemat biaya karena masih bisa digunakan setelah kamu buang air kecil. Hal tersebut dikarenakan menstrual cup berbahan silikon sehingga bisa dengan mudah dibersihkan dan digunakan kembali. Persamaan alat ini dengan tampon adalah cara menggunakannya yang harus dimasukkan ke dalam vagina.

Alat ini berbentuk corong elastis yang akan kembali ke bentuk semula setelah dimasukkan ke dalam vagina. Ketika digunakan, alat ini juga membuat nyaman karena tidak mengganjal. Harga alat ini berkisar antara Rp300 hingga Rp500 ribu. 

Cukup mahal memang, namun sebanding dengan kelebihannya yang reusable dan juga ramah lingkungan karena tidak menimbulkan limbah atau sampah. Jika kamu ingin tahu fakta tentang menstrual cup, baca di sini!

Menstrual Cup
source: https://static01.nyt.com/images/2019/07/16/science/16CUP-2/merlin_158026221_602ca3b1-cb2b-4b3d-b60d-af12f3cf77e5-jumbo.jpg
baca juga

Ladies, itulah dia tiga alat yang bisa digunakan ketika masa haid tiba. Apapun pilihanmu, ingatlah bahwa yang terpenting adalah kesadaran diri untuk selalu menjaga kebersihan dan kerapian selama masa haid.

youtube:p-ZgejdscxU
source: https://www.youtube.com/watch?v=p-ZgejdscxU
Memutihkan Wajah dengan Susu Beruang? - Beautynesia Beauty Tutorial