Asal Muasal Teknik Buteyko

Postingan Andien bersama suami dan anaknya dengan mulut diplester ketika akan tidur menjadi viral. Sebab, Andien merasakan teknik buteyko ini memberikan dampak positif seperti kualitas tidur yang baik, badan lebih segar, tenggorokan tidak kering, dan bau mulut menghilang saat bangun tidur. Dengan jumlah 1,6 juta follower di Instagram tentu saja hal ini menimbulkan rasa penasaran dengan teknik ini dan mencobanya. 

Teknik pernapasan buteyko ini mengharuskan kamu untuk memfokuskan pernapasanmu melalui hidung ketika tidur. Teknik buteyko pertama dikembangkan pada 1950-an oleh dokter Soviet, Konstain Pavlovich Buteyko. Teknik Buteyko membantu pernapasan hidung dan menghirup udara dengan jumlah yang efektif. Latihan pernapasan ini membantu para penderita asma sekaligus dapat mencegah over-breathing. Hal ini dapat menyebabkan gejala seperti sesak napas pada penderita asma.

Asal Muasal Teknik Buteyko

Apakah Teknik Tersebut Bekerja?


Metode ini memiliki berbagai teknik sederhana dan dapat dipelajari sendiri, yang menawarkan penyembuhan yang aman, teruji waktu, dan alami untuk berbagai masalah pernapasan. Menurut penelitian ilmiah, bronkospasme (penyempitan otot yang tiba-tiba di dinding bronkiolus) disebabkan karena kadar CO2 yang tidak cukup di paru-paru. Metode pernapasan Buteyko membantu pasien untuk menormalkan kadar CO2 rendah ini dengan cepat. Ini mengarah pada relaksasi dinding bronkiolus. Sebagai akibatnya, saluran udara terbuka.

Teknik ini bertentangan dengan hiperventilasi, karena metode ini membantu mempelajari pernapasan yang mudah dan rileks alih-alih bernapas berlebihan. Hal tersebut mungkin bertentangan dengan intuisi, tetapi ketika seseorang yang menderita serangan asma menghirup udara lebih sedikit, gejala asma-nya secara bertahap dapat berkurang. Jika dipraktikkan secara teratur, seseorang juga dapat mengajukan tawaran untuk asma selamanya.
 
Apakah Teknik Tersebut Bekerja?
baca juga

Manfaat Buteyko

Teknik buteyko juga memiliki beberapa manfaat antara lain : 

  • Tidak perlu membayar mahal. Setelah kamu mendapatkan pelatihan yang tepat, kamu tidak harus bergantung pada obat-obatan. Sejauh menyangkut pelatihan, kamu bisa mendapatkannya dari spesialis Buteyko atau dengan bergabung dengan kelas online. 
  • Untuk menyingkirkan obat obatan. Yang perlu kamu lakukan adalah menguasai teknik penyembuhan yang luar biasa ini. Setelah itu, kamu dapat mengurangi konsumsi obat atau tidak sama sekali obat-obatan. Ini juga membantu menghemat uang.
  • Teknik ini mengajarkan kamu untuk mengendalikan. Setelah kamu mempelajari latihan ini dengan benar, Kamu bisa rileks bahkan dalam serangan asma kronis, daripada bernafas berlebihan. 
  • Berlatih teknik-teknik ini tidak hanya dapat membantu mengendalikan pernapasan berlebih dan melawan gejala asma, tetapi juga baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Teknik pernapasan ini menormalkan tingkat CO2 di paru-paru. Ini juga memengaruhi sistem metabolisme dan kekebalan tubuh secara positif
Manfaat  Buteyko
source: source: https://cdn2.stylecraze.com/

Bahaya Buteyko

Ternyata kamu juga perlu hati hati dengan teknik buteyko ini. Bernafas melalui hidung memang lebih baik, karena udara yang masuk akan tersaring dengan baik. Tetapi kebanyakan orang tidak membuka mulut kecuali mereka kesulitan bernafas melalui hidung. Nah, apabila kamu tetap memaksakan teknik ini justru kamu akan mengalami sesak nafas yang lebih serius, bahkan tersedak.

Selain itu bagi kalian yang memiliki kelainan struktur muka atau beda tulang jangan sekali sekali mencoba teknik buteyko ini, karena teknik ini justru mengganggu pernapasan. Orang yang mengalami sleep apnea tidak dapat dibantu dengan teknik ini.

Bahaya Buteyko
baca juga

Tidak Efektif

Sebab, teknik buteyko dianggap kurang masuk akal secara fisiologis dan tidak efektif oleh beberapa pakar medis. Penjelasan fisiologis untuk mekanismenya kemungkinan besar secara dramatis salah, dan bahwa para pendukung utama teknik ini gagal untuk menjelaskannya, tetapi juga mengabaikan kelemahan-kelemahan elementer dalam hipotesis mereka yang tampak dalam teori dan praktik.

Tidak Efektif

Teknik ini memiliki utilitas yang terbatas. Maka, mungkin teknik buteyko ini merupakan alternatif pengobatan asma ringan. Jadi jangan asal ikuti tren ya, apabila kamu tetap ingin mencobanya maka kamu memerlukan konsultasi terlebih dahulu.