Apa Itu Komedo?

Apa Itu Komedo?
source: https://amp.insider.com/

Komedo merupakan benjolan kecil yang muncul di pori-pori kulit. Walaupun nampak kecil dan tak terlihat, komedo menjadi cikal bakal jerawat. Komedo biasanya muncul pada kulit wajah, tetapi dapat juga muncul di bagian tubuh lain, seperti bahu, dada, punggung, atau lengan. Biasanya komedo tidak menyebabkan rasa sakit, tapi apabila mengalami infeksi dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan, bengkak, dan muncul jerawat.
 

Apa Bedanya dengan Blackhead dan Whitehead?

Apa Bedanya dengan Blackhead dan Whitehead?
source: https://amp.insider.com

Sebagai awal mula jerawat, komedo terbagi menjadi dua yaitu blackhead dan whitehead. Sesuai dengan namanya, whitehead berwarna putih sedangkan blackhead memiliki ujung berwarna hitam. Namun bukan hanya warna, proses pembentukan keduanya pun juga berbeda loh, Ladies.

Blackhead akan muncul jika sebum terperangkap di dekat mulut pori-pori, sehingga memungkinkannya terpapar udara dari luar. Oksidasi dengan udara luar inilah yang menyebabkan warna hitam di bagian puncaknya. Jadi terbentuknya warna hitam jelas bukan karena kotoran.

Sedangkan proses pembentukan whitehead juga sama dengan blackhead. Hanya saja, karena pori-pori mungkin terlalu kecil, sebum yang terjebak di dalamnya tidak terkena paparan udara sehingga tidak teroksidasi.
 
baca juga

Penyebab Komedo

Penyebab Komedo
source: https://foreveryoung.perriconemd.com
Walaupun datang secara tiba-tiba, ada beberapa penyebab timbulnya komedo yang bisa kamu hindari, loh. Apa saja penyebabnya?
  • Akibat dari makanan yang tidak sehat
  • Merokok
  • Tidak melakukan double cleansing
  • Menggunakan makeup yang tidak cocok
  • Terlalu sering bercukur, dan
  • Stres atau kondisi lain yang berhubungan dengan perubahan hormon
​​​​​​

Cara Atasi Komedo

Cara Atasi Komedo
source: https://images-prod.healthline.com
Ladies, jika saat ini kamu sedang menghadapi masalah komedo ada beberapa cara untuk menghilangkannya, lho. Pertama adalah berhenti merokok dan berada di dalam lingkungan rokok. Selanjutnya, kamu bisa membersihkan wajah dengan rutin atau melakukan double cleansing. Terakhir tentunya kamu harus menjaga pola makan yang lebih sehat. Makanlah makanan yang tidak mengandung banyak gula dan minyak. Usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan rebus.

Bagaimana, Ladies, kamu sudah siap mengatasi komedo dengan cara-cara dari Beautynesia di atas? Selamat mencoba ya!
 
baca juga
youtube:undefined
source: https://www.youtube.com/watch?v=IY62T4tCK6A
Ini Fakta Mengejutkan Masker Shiseido Naturgo - Beautynesia Beauty