Duduk dengan Posisi Sembilan Puluh Derajat

Dikutip dari kompas.com, Linda Saptadji, Psikolog Yayasan Anak Indonesia Suka Membaca, mengungkapkan bahwa  nafas suci aura bisa menahan kantuk selama tiga jam. Metode yang juga bisa mengurangi sakit pada pada kepala ini bisa kamu lakukan dengan mudah. Langkah-langkahnya adalah:

  • Duduklah dalam posisi sembilan puluh derajat.
  • Letakkan telapak tangan di atas paha untuk mencapai relaksasi.
  • Tarik nafas dalam-dalam.
  • Hembuskan secara perlahan.
  • Ulangi hingga tiga kali.
Duduk dengan Posisi Sembilan Puluh Derajat
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcQM2LBZaOmLkeY_GYJGpKWUjJV2OqylusxTMnbnBSXHCpC76_1f

Menutup Lubang Hidung Menggunakan Telunjuk

Masih dengan posisi duduk sembilan puluh derajat, ada beberapa langkah lain yang bisa kamu lakukan. Yaitu:

  • Tutup lubang hidung sebelah kanan menggunakan telunjuk.
  • Ambil nafas dalam-dalam melalui lubang hidung sebelah kiri.
  • Setelah menghirup udara dalam-dalam, tutup lubang hidung sebelah kiri dengan telunjuk.
  • Hembuskan pelan-pelan melalui lubang hidung sebelah kanan.
  • Ulangi sampai tiga kali.
Menutup Lubang Hidung Menggunakan Telunjuk
source: http://www.hotcopas.net/2018/06/manfaatkan-lubang-hidung-anda-ketika.html?m=1
baca juga

Menggosok Telapak Tangan

Kamu juga bisa menghilangkan kantuk dengan menggosokkan telapak tangan, Ladies. Caranya juga sederhana, yakni:

  • Usap tangan beberapa kali hingga menimbulkan panas.
  • Tutupi muka kamu dengan kedua tangan tersebut.
  • Setelah itu, kamu akan merasakan kesegaran dan mampu beraktifitas normal selama tiga jam ke depan 
Menggosok Telapak Tangan
source: https://www.arbamedia.com/2017/02/manfaat-menggosokkan-jari-tangan.html?m=1

Selain beberapa metode di atas, kamu juga bisa mengikuti beberapa tips lainnya yang bisa membantumu mengusir rasa kantuk

Mendapatkan Oksigen Lebih Banyak

Mengantuk adalah tanda bahwa otak kekurangan oksigen. Untuk itu, oksigenasi sangat dibutuhkan untuk membangunkan otak. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Baringkan tubuh di lantai.
  • Letakkan satu tangan di perut di bawah tulang rusuk dan tangan lainnya di dada.
  • Tarik nafas dalam-dalam dengan hidung dan rasakan perut kamu mendorong tangan.
  • Keluarkan nafas melalui mulut seperti bersiul, dan rasakan tangan yang ikut turun bersamaan dengan habisnya nafas dikeluarkan.
  • Lakukan latihan ini 5-10 menit agar kamu merasa lebih berenergi dan tidak mengantuk.
Mendapatkan Oksigen Lebih Banyak
source: https://m.liputan6.com/health/read/3326207/menguap-tanda-otak-butuh-oksigen-benarkah

Good bye rasa kantuk!