Kamu sudah rajin sikat gigi tapi masih mengalami bau mulut? Hm... kenapa ya? 
Pada dasarnya banyak hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya bau mulut. Biasanya hal ini terjadi karena ada masalah pada rongga mulut yang enggak kamu  adari selama ini atau, karena gigi berlubang penyebab bau mulut. Tapi ada juga beberapa penyebab bau mulut yang belum kamu ketahui sebelumnya. 

Bau Mulut Bikin Enggak Pede? Cari Tahu Penyebabnya Yuk!

Lidah Kotor

Salah satu penyebab terjadinya bau mulut yaitu bisa jadi karena lidah enggak dibersihkan secara rutin. Hal ini akan membuat bakteri jahat berkembang biak di dalam mulut dan akhirnya menyebabkan bau mulut. Padahal keliatannya sepele ya tapi dampaknya pasti enggak mau kamu alami. Jadi harus mulai rajin bersihin lidah dari sekarang nih!

Lidah Kotor
baca juga

Gigi Berlubang dan Sisa Akar Gigi

Kalau kamu memiliki kondisi gigi berlubang, makanan bisa menyangkut pada gigi berlubang kamu loh sehingga kamu akan berpikir bahwa gigi berlubang penyebab bau mulut. Sebaiknya kamu menambal gigi yang telah berlubang agar enggak menjadi semakin parah. Kalau hal ini dibiarkan dan kamu tetap enggak rajin sikat gigi, sisa makanan yang kamu makan akan menyangkut di gigi dan bisa berubah menjadi tempat bagi bakteri untuk tumbuh serta berkembang.  

Gigi Berlubang dan Sisa Akar Gigi
baca juga

Radang gusi

Radang gusi ditandai dengan gusi berdarah dan pembentukan karang gigi, masalah ini menyerang pada penyangga gigi. Radang gusi menyebabkan tampilan gusi berwarna memerah dan meradang. Menurut hasil penelitian, kantung gusi yang terbentuk akibat radang gusi dapat menjadi sarang bakteri penyebab bau mulut lho!

 

Radang gusi

Gigi Palsu

Gigi palsu cekat atau lepasan yang enggak dirawat secara rutin dan teratur juga bisa menyebabkan munculnya bau mulut. Ini karena gigi palsu tetap bisa kotor, bercelah atau berlubang, sehingga kalau enggak dikontrol rutin oleh dokter gigi dapat menjadi tempat bagi kuman untuk bersarang. 

 

Gigi Palsu

Penyakit Sistemik

Infeksi saluran napas, gangguan pencernaan, diabetes, atau kelainan pada hati juga dapat menyebabkan terjadinya bau mulut. Begitu pula dengan konsumsi obat-obatan golongan tertentu, misalnya antidepresi dan obat darah tinggi. 

Penyakit Sistemik
youtube:wabBB6-VFyU
source: https://www.youtube.com/watch?v=wabBB6-VFyU
5 Rekomendasi Foundation Korea untuk Kulit Kering - Beautynesia Recommends Beauty