Jika kamu menganggap pernikahan merupakan akhir dari perjalanan mencari pasangan, anggapan itu mungkin kurang benar, Ladies. Justru, pernikahan adalah awal bagi kamu memulai hidup baru bersama pasangan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu bersikap bijak dalam menghitung anggaran dana pernikahan. Kamu mungkin juga perlu menghemat biaya pernikahan agar dapat memulai masa-masa setelah pernikahan dengan baik. 
 

Saat merencanakan pernikahan, pasangan kerap menghadapi stres akibat tuntutan membuat perencanaan matang dengan dana terbatas. Tapi sebenarnya, kamu bisa kok Ladies menggelar pernikahan dengan hemat namun tetap berkesan. Simak tipsnya di bawah ini, ya!

Ingin Menghemat Biaya Pernikahan? Yuk Ikuti 7 Tips Ini
source: https://www.instagram.com/p/Bz7hI4xAHFj/

Gunakan Undangan Online

Undangan merupakan salah satu item pernikahan yang menelan cukup besar biaya. Untuk menghemat, kamu bisa memanfaatkan kemajuan teknologi dengan memberikan undangan online terutama kepada teman-temanmu. Dengan begitu, kamu tidak perlu menggunakan undangan berupa kertas atau kartu yang bisa memakan dana cukup besar.

Semakin sedikit undangan cetak yang kamu bagikan, semakin besar pula penghematan yang bisa kamu lakukan. Biaya undangan online bisa jadi sangat murah, bahkan gratis lho, Ladies. Bagikan saja undangan fisik untuk kerabat dekat atau orang-orang yang kamu hormati. Pastikan kamu meminta softcopy undangan yang kamu cetak untuk dijadikan undangan online. Tapi kalau kamu memutuskan untuk menggunakan undangan online sepenuhnya, kamu bisa mencari jasa desain undangan yang terjangkau. 

Gunakan Undangan Online
source: https://www.instagram.com/p/B0FVrmSp9Ow/
baca juga

Manfaatkan Keterampilan Teman dan Kerabat

Kamu memiliki kerabat atau teman dengan keterampilan tertentu, seperti fotografi atau makeup artist? Jika iya, tidak ada salahnya jika kamu memanfaatkan keahlian mereka, Ladies. Apabila menggunakan jasa teman dekat atau keluarga, sangat mungkin kamu mendapatkan harga istimewa, jadi bisa sekalian menghemat biaya.

Selain bisa memperoleh harga teman yang tentunya lebih murah, kamu juga  akan merasa lebih nyaman karena vendor pernikahan kamu adalah teman dekat sendiri. Setuju tidak, Ladies?

 

Manfaatkan Keterampilan Teman dan Kerabat
source: https://www.instagram.com/p/BzqE7CIFhMP/

Minimalkan Biaya Suvenir

Biaya suvenir juga masuk dalam daftar item pernikahan yang memakan biaya cukup besar. Namun, sebenarnya kamu tidak perlu terlalu khawatir karena saat ini sudah banyak suvenir pernikahan kreatif yang bisa didapat dengan harga terjangkau, Ladies

Mari lupakan suvenir-suvenir pernikahan mewah yang memakan biaya besar. Untuk menghemat biaya pernikahan, kamu bisa membuat sendiri suvenir pernikahan yang lebih bermanfaat dengan harga yang terjangkau. Banyaknya ide DIY (do it yourself) suvenir di internet bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin meminimalisir biaya suvernir. Cara saja inspirasinya di internet Ladies. Tertarik mencoba?

Minimalkan Biaya Suvenir
source: https://www.instagram.com/p/BzhyzSCFtQX/
baca juga

Minimalkan Biaya Seragam Keluarga

Foto pernikahan memang akan tampak lebih rapi saat warna dan bahan pakaian senada. Namun, membeli bahan dan menjahit seragam untuk hampir seluruh anggota keluarga bisa menjadi sebuah pemborosan. Agar lebih hemat, kamu bisa meminta anggota keluarga untuk mencari baju sendiri, namun dengan warna tema yang seragam. Walaupun bahannya berbeda-beda, hasil foto akan terlihat rapi dan seragam tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. 

Minimalkan Biaya Seragam Keluarga
source: https://www.instagram.com/p/Bz0DJU_lFQc/

Pilih Venue yang Terjangkau

Memang betul, salah satu biaya terbesar dalam pernikahan adalah sewa gedung. Biasanya, biaya sewa gedung bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa melangsungkan pernikahan di venue yang lebih terjangkau lho, Ladies. Banyak venue pernikahan yang lebih murah jika kamu niat mencarinya. Hutan pinus, kebun bunga, side pool, museum, hingga rumah pribadi bisa jadi venue yang terjangkau untuk pernikahan. Yang terpenting, lokasi pernikahanmu aman dan mudah diakses. 

Pilih Venue yang Terjangkau
source: https://www.instagram.com/p/Bw4gHFLFJ_N/

Mengutamakan Prioritas

Pilihlah beberapa kebutuhan pernikahan yang menurut kamu paling utama. Lalu, alokasikan anggaran dana pada bagian tersebut lebih dulu. Barulah kemudian sisa budget yang mungkin kamu miliki bisa kamu alokasikan untuk kebutuhan lain.

Misalnya, kalau foto pernikahan sangat penting buat kamu, maka alokasikan dana untuk vendor fotografi yang terjamin dan yang kamu sukai. Biaya vendor fotografi tersebut bisa kamu dapatkan dari biaya suvenir yang sudah kamu tekan sebelumnya.

Mengutamakan Prioritas
source: https://www.instagram.com/p/Bz79Vk0nlae/

Tidak Perlu Mewah, yang Penting Berkesan

Perlu diingat, tujuan pernikahan bukanlah ajang bermewah-mewahan. Kamu tidak perlu menyewa gedung berkapasitas ribuan orang, mengenakan gaun ratusan juta, atau mendekorasi tempat pernikahan dengan bunga-bunga impor yang harganya selangit. Gelaran acara pernikahan yang sederhana bersama keluarga dan orang-orang tercinta bisa jadi sama berkesannya. Tidak perlu dana besar Ladies, yang penting acara pernikahanmu berlangsung lancar dan semua pihak bahagia.

Tidak Perlu Mewah, yang Penting Berkesan
source: https://www.instagram.com/p/B0FAaRXAsXu/

Yuk, ikuti 7 tips menghemat biaya pernikahan di atas, Ladies!