Merokok

Merokok
source: https://images.pexels.com/photos/2474836/pexels-photo-2474836.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&dpr=2&h=650&w=940
Ladies, kamu tentunya tahu dampak negatif merokok bukan? Tidak hanya memicu masalah kesehatan serius, merokok ternyata juga berkontribusi meningkatnya produksi sebum yang nantinya akan menjadi cikal bakal timbulnya komedo dan jerawat.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Ketika kamu merokok, terjadi perubahan komposisi sebum yang disebabkan oleh adanya hambatan dalam penerimaan nutrisi antioksidan. Hal ini akan meningkatkan produksi sebum yang berujung pada timbulnya komedo dan jerawat.

Menggunakan Scrub yang Keras

Menggunakan Scrub yang Keras
source: https://homemadeforelle.com/wp-content/uploads/2018/09/homemade-scrub-apple-pie-spice.jpg
Ladies, kamu pasti sudah familiar dengan produk scrub, bukan? Produk ini memang dirancang untuk mempermudah proses eksfoliasi, sehingga kulit mati yang menjadi penyebab utama wajah kusam akan terangkat. Sayangnya, tak semua produk scrub bisa kamu gunakan, ladies.

Scrub yang terlalu keras justru akan mengeksfoliasi kulit cantikmu. Hal ini bisa berdampak dengan melebarnya pori-pori yang berujung dengan mudahnya masuk bakteri. Tidak hanya akan mendapatkan komedo, wajahmu juga akan rentan terhadap munculnya jerawat.
baca juga

Terlalu Sering Makan Gorengan

Terlalu Sering Makan Gorengan
source: https://d15hng3vemx011.cloudfront.net/attachment/52024456982672740148.large
Jujur, siapa dari kamu yang rutin makan gorengan? Sebagai masyarakat Indonesia, makanan yang diolah dengan minyak memang menjadi salah satu jenis makanan yang digemari. Padahal, gorengan kemungkinan besar mengandung banyak lemak jenuh, lemak trans dan minyak yang dihidrogenasi. Lemak jenuh, jika dikonsumsi secara berlebihan, sangat tidak baik buat kesehatan serta kecantikan kulit lho, Ladies.

Jenis lemak inilah yang nanti bisa terakumulasi dalam sel tubuh, memperlambat sirkulasi darah dan bisa menyumbat pori-pori. Akhirnya, komedo serta jerawat pun akan muncul. Tak hanya menyebabkan jerawat, konsumsi gorengan yang mengandung lemak ini bahkan bisa meningkatkan risiko obesitas atau kegemukan. 
 

Tidak Melakukan Double Cleansing

Tidak Melakukan Double Cleansing
source: https://kahina-givingbeauty.com/wp-content/uploads/2018/04/srgbweb_t7a9862_box.jpg
Walaupun terlihat sepele, membersihkan wajah adalah salah satu kegiatan yang sering diabaikan perempuan. Padahal, ketika kamu tidak melakukan pembersihan wajah secara maksimal, residu akan tinggal di kulit wajahmu, Ladies. Alhasil, wajahmu akan terlihat berminyak dan muncul komedo. 

Selain mengangkat kotoran, double cleansing juga efektif membersihkan sisa minyak yang mengendap di pori-pori kulit. Untuk memastikan kulit benar-benar bersih, sebaiknya pakai produk eksfoliator sekurangnya seminggu sekali untuk membuang sel kulit mati di wajah. Tapi ingat, ya, gunakanlah scrub yang tidak mengiritasi kulit.

Setelah tahu penyebab timbulnya komedo putih di hidung, sudah saatnya kini kamu mengatasinya. Semoga kulit wajahmu terbebas dari komedo putih yang menganggu!