Coto Makassar

Masakan berbahan ketupat yang pertama berasal dari tempat yang cukup jauh yaitu dari Makasar dan sekitarnya. Adalah coto Makasar yang memiliki rasa hampir sama dengan soto pada umumnya namun menjadi perbedaannya adalah bumbunya. Coto Makasar menggunakan racikan bumbu khas Makasar yang nikmat, jadi enggak heran ingin mencicipi masakan ini. Coto makasar sendiri sering dijadikan makanan sehari-hari, acara pernikahan dan lain-lain. 

Coto Makassar
source: https://www.instagram.com/redcarpet.photography/

Ketupat Tahu Khas Bandung

Kuliner khas Bandung ini terdiri dari potongan leupet (lontong) kenyal, tahu kuning, taegu serta disiram dengan bumbu kacang yang bertekstur kenyal dan berwarna merah. Sajian ini sering dijadikan santapan di pagi hari lho. Dengan menyantap seporsi sajian ini saja sudah cukup untuk membuat kamu bersemangat dalam menjalankan aktivitas di pagi hari. Apalagi jika ditambah dengan kerupuk gendar yang sangat renyah. Duh, sarapanmu pasti terasa lebih nikmat!

Ketupat Tahu Khas Bandung
source: https://www.instagram.com/cyber3kosong3/
baca juga

Ketupat Tahu Khas Magelang

Sajian berbahan ketupat yang satu ini hampir sama dengan ketupat tahu khas Bandung, namun ada perbedaan diantara keduanya. Selain perbedaan nama, tentu bumbu yang digunakan juga berbeda namun bahan utamanya tetap sama yaitu Leupeut (Lontong) kenyal, yang dilengkapi dengan dengan tahu dan disiram dengan bumbu kacang. Kalau kamu enggak menemukan ketupat khas Bandung, kamu bisa mencoba ketupat tahu khas Magelang ini. Rasanya sama-sama nikmat kok. 

Ketupat Tahu Khas Magelang
source: https://www.instagram.com/p/BYCnGwRBFRU/

Ketupat Sayur

Makanan ini sangat mudah ditemukan khususnya saat pagi hari. Ketupat sayur adalah menu makanan berbahan ketupat yang dipadukan dengan santan dan sayuran, tahu dan telor. Sayuran yang dipakai biasanya adalah kacang panjang dan labu yang dipotong memanjang. Rasanya yang nikmat dan gurih akan membuat siapapun yang mencobanya akan ketagihan. 

Ketupat Sayur
source: https://www.instagram.com/fen.z/
baca juga

Gado-gado

Kuliner yang satu ini sudah sering kita jumpai di seluruh daerah Indonesia karena memang rasanya yang cukup lezat dan simple. Gado–gado ini ternyata merupakan makanan dari Cina yang meniru Belanda dengan karakteristiknya yang berupa saus kacang. Meski begitu makanan ini cukup familiar dan sangat cocok dengan lidah orang Indonesia ya. Cita rasa dari gado – gado terletak dari segarnya sayuran yang direbus serta gurihnya saus kacang yang menjadi khasnya. 

Gado-gado
source: https://www.instagram.com/p/ByWjGA2nak7/

Nah itu dia, 5 sajian ketupat yang wajib kamu coba. Dari sajian tersebut mana nih yang menjadi favoritmu, Ladies?