1. Kawah Ijen


Banyuwangi terdapat di ujung timur Pulau Jawa sebagai daerah perbatasan antara Pulau Jawa dengan Pulau Bali. Kini, medan daerah Banyuwangi sangat mudah dijangkau oleh segala jenis kendaraan darat. Jarak penyeberangan dari Banyuwangi ke Pulau Bali pun tergolong cepat sekitar 30 menit saja.

Nah, selain terkenal sebagai daerah yang menjembatani Pulau Jawa dengan Bali, Banyuwangi juga terkenal memiliki Kawah Ijen eksotis yang dilengkapi blue fire lho. Hebatnya lagi, Blue Fire ini hanya ada 2 di dunia, terdapat di Islandia dan Kawah Ijen Banyuwangi Indonesia. 
1. Kawah Ijen
source: https://www.instagram.com/kawahijenindonesia

Bahkan, menteri keuangan negara RI Ibu Sri Mulyani mengutarakan kekagumannya saat berhasil menapaki Kawah Ijen yang ditempuh sekitar 2.5 jam perjalanan kaki. Dia mengatakan, “you are not going to regret it, spectaculer view, amazing” (kamu tidak akan menyesal, pemandangan spektakuler dan luar biasa). Kawah ijen terletak di perbatasan Bondowoso dengan Banyuwangi. Di tempat ini, kamu juga bisa melihat indahnya matahari terbit. Seperti kata Ibu Mulyani, dijamin tidak akan pernah menyesal!
1. Kawah Ijen
source: https://www.instagram.com/kawahijenindonesia
baca juga

2. Wisata Taman Nasional Baluran


Ladies, tak perlu jauh-jauh terbang ke Benua Afrika untuk menikmati pesona hutan dan hewan liar ala Madagaskar. Kini, kamu dapat dengan mudah menemukan sensasinya di tempat wisata Taman Nasional Baluran. Sampai-sampai ada yang mengatakan Little Africa in Java, semacam Banyuwangi tapi rasa Afrika. 
 
2. Wisata Taman Nasional Baluran
source: https://www.instagram.com/tamannasional_baluran

Di sini, kamu bisa berkenalan dengan beberapa hewan yang dilindungi seperti banteng, kerbau, rusa, dan kera ekor panjang. Semuanya dibiarkan hidup liar. Jadi, jangan kaget ketika sedang berkendara, tiba-tiba kamu melihat hewan berseliweran di jalan. Karena tempatnya sangat luas sekitar 25.000 hektar, kamu juga bisa enjoy berkelililing hutan Musim, hutan Evergreen, Savana Bekol, dan pantai Bama.
 
2. Wisata Taman Nasional Baluran
source: https://www.instagram.com/tamannasional_baluran

Tempat wisata Taman Nasional Baluran beralamat di desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Banyuwangi Jawa Timur. Harga tiket masuk sekitar Rp15.000-Rp17.500 saja untuk turis lokal dan Rp150.000-Rp225.000 untuk turis mancanegara.
baca juga

3. Wisata Taman Nasional Alas Purwo


Desas-desus dari masyarakat setempat, Alas Purwo banyak mengandung unsur mistis yang bikin bulu kuduk berdiri. Tapi, dibalik itu semua, Alas Purwo menyimpan sejuta keindahan alam yang membuat siapapun kagum. Alas sendiri artinya hutan, dan purwo artinya tertua/pertama. Alas Purwo/hutan tertua di Jawa ini terletak di jalan Brawijaya 02 Kebalenan, Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. 
 
3. Wisata Taman Nasional Alas Purwo
source: https://www.instagram.com/tnalaspurwo

Di taman nasional Alas Purwo, kamu bisa menikmati indahnya hutan pantai, hutan alam, hutan rumput, hutan tanaman, hutan bamboo, dan hutan mangrove. Terhitung ada sekitar 580 jenis flora dan 50 jenis fauna yang dilindungi. Buat kamu yang penasaran ingin melihat secara langsung macan tutul, lutung, dan kera abu-abu bisa langsung berkunjung di taman ini.
3. Wisata Taman Nasional Alas Purwo
source: https://www.instagram.com/tnalaspurwo
Selain hutan, pantai, flora dan fauna, di tempat ini juga terdapat banyak goa dan candi yang dianggap keramat lho. Harga tiket masuk sekitar Rp15.000 saja. Berani coba?

4. Pantai G-Land/Plengkung


Masih berada di kawasan wisata Taman Nasional Alas Purwo, buat kamu yang hobi surfing, wajib banget mampir ke pantai Plengkung/G-Land pada bulan April-Oktober. Sebab, pantai G-Land di Banyuwangi ini telah dinobatkan sebagai salah satu pantai terbaik untuk olahraga surfing. Ombaknya saja setinggi 6 meter lebih Ladies. Yuk uji adrenalinmu di pantai indah nan eksotis ini.
4. Pantai G-Land/Plengkung
source: https://www.instagram.com/tnalaspurwo

5. Pantai Teluk Hijau/Greenbay


Teluk Hijau beralamat di Desa Sarongan, Kecamatan Banyuwangi Jawa Timur. Menyuguhkan pemandangan pantai yang masih sangat alami, dengan hamparan pasir putih lembut dan gemuruh ombak air laut. Meski tergolong berombak besar, Pantai Teluk Hijau wajib dikunjungi terutama bagi kamu yang merindukan ketenangan di tengah hiruk pikuk ibu kota. Sebab, disini tidak seperti pantai lain yang banyak penjual makanan.

Di pantai ini benar-benar masih terjaga kealamiannya dan bersih. Sayangnya, tidak semua kendaraan besar bisa menjangkau wisata ini. Disarankan, menyewa mobil setempat ya.
5. Pantai Teluk Hijau/Greenbay
source: https://www.instagram.com/retrojourney

6. Agrowisata Kalibendo


Bosan dan penat dengan kehidupan kota yang menguras emosi? Yuk, eksplore Banyuwangi dengan mengunjungi tempat Agrowisata Kalibendo. Lokasinya sendiri masih berada di kawasan Kawah Ijen. Tidak sulit menemukannya, cukup ikuti petunjuk arah yang disediakan. Di sini, kamu akan menikmati sejuknya udara pegunungan yang masih perawan dan beningnya air terjun Kalibendo. 
 
6. Agrowisata Kalibendo
source: https://www.instagram.com/pludiro
Bagaimana Ladies? Tempat wisata Banyuwangi mana nih yang bakal pertama kali kamu kunjungi?