Keramas merupakan salah satu perawatan rambut yang paling mudah dan wajib dilakukan untuk menjaga kebersihan rambut. Walaupun terlihat mudah, cara keramas yang kurang tepat akan menyebabkan kerusakan pada rambut. Misalnya seperti kulit kepala menjadi kering, rambut kusam, dan bahkan menyebabkan kerontokan.

Tapi tenang dulu Ladies, kali ini Beautynesia akan memberikan beberapa tips cara keramas yang benar agar kamu bisa mendapatkan rambut yang indah dan sehat. Ini dia penjelasannya.


Pilihlah Sampo yang Tepat
 
source:https://rumahshaleh.com

Agar rambut tetap bersih dan sehat, sebaiknya keramas menggunakan shampoo. Pastikan untuk memilik shampoo yang tepat dengan kebutuhan rambut kamu. Tidak semua jenis shampoo cocok untuk kulit kepalamu. Kamu harus berhati-hati dalam memilih shampoo agar tidak menyebabkan kerusakan pada rambut. Pilih shampoo yang sesuai dengan jenis rambut. Salah satu caranya adalah dengan baca terlebih dulu kandungan dan kegunaan yang terdapat pada shampoo tersebut. 


Pastikan Kondisi Rambut Kamu Basah Saat Keramas
 
source:https://id.pinterest.com

Selanjutnya cara yang harus kamu lakukan saat keramas adalah membasahi terlebih dahulu rambutmu dengan air. Kamu bisa siapkan air hangat untuk membasahi rambut. Fungsinya adalah untuk membuka kutikula dan melonggarkan kelenjar minyak yang menempel pada kulit kepala. Basahi rambut secara merata supaya sisa-sisa kotoran dan sebum di kulit kepala hilang terbawa air.


Gunakan Sampo Secukupnya
 
source:https://id.pinterest.com

Ladies, cara ketiga yang harus kamu perhatikan adalah menggunakan shampoo secukupnya. Menggunakan shampoo sesuai kebutuhan dan ketebalan rambut bisa memhindarkan rambutmu dari kerusakan. Tuangkan terlebih dahulu shampoo pada telapak tangan, jangan langsung menuangkannya ke kulit kepala karena hal itu akan menyebabkan rambut menjadi cepat kering. 


Teknik Keramas
Agar rambut tidak rusak, kamu harus tahu teknik keramas yang benar. Sebenarnya teknik keramas yang benar ini mudah, namun masih jarang orang melakukannya. Lakukanlah dengan ketika shampoo sudah berada di telapak tangan, beri sedikit air dan gosokkan hingga berbusa dengan menggunakan gerakan melingkar. Lalu ambil posisi membungkuk dengan kepala menunduk ke bawah. 

Ratakan shampoo mulai dari ujung rambut, kemudian beralih ke kepala bagian atas, lalu ke arah belakang. Barulah kemudian lanjutkan ke sisi kanan dan kiri. Hindari menggosok shampoo dengan menggunakan jari ke kulit kepala. Sebaiknya lakukan gerakan memijat dengan ujung jari. Gerakan memijat akan membuat nutrisi dari kandungan shampoo terserap lebih baik ke kulit kepala. 


Bilas Rambut Dengan Bersih
Pada saat membilas rambut setelah keramas menggunakan shampoo, kamu bisa membilas rambut menggunakan air dingin. Cara ini akan membantu menutup kutikula sehingga dapat menahan nutrisi shampoo yang sudah menyerap pada kulit kepala. Bilas rambut dengan bersih sampai rasa licin pada rambut hilang. Ingat ya Ladies, membilas rambut dengan menggunakan air hangat bisa membuat rambut menjadi cepat kering dan rusak. 


Gunakan Kondisioner Sebagai Pelembab Rambut
 
source:https://id.pinterest.com

Setelah selesai membilas rambut, gunakan kondisioner pada rambut bagian ujung. Kondisioner berguna untuk memberikan perlindungan tambahan dan nutrisi pada rambut. Gunakan kondisioner pada saat air pada rambut sudah terasa tidak ada yang menetes dari rambut. Setelah itu diamkan kondisioner beberapa saat. dan bilas kembali menggunakan air bersih.


Keringkan Rambut Secara Perlahan
 
source:https://id.pinterest.com

Cara terakhir adalah mengeringkan rambut. Ini adalah hal yang penting Ladies, dan kamu harus hati-hati dalam mengeringkan rambut. Jangan digosok atau ditarik-tarik terlalu keras karena akan membuat rambut kusut dan cepat rontok. Gunakan handuk kering dan tepuk-tepuk perlahan rambut. Angin-anginkan rambut sampai kering.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan alat pengering rambut (hair dryer). Tapi ingat, jangan terlalu dekat dengan batang rambut ya, Ladies. Gunakan vitamin rambut ketika kamu ingin menggunakan pengering rambut supaya rambut kamu tetap lembap dan ternutrisi dengan baik, sehingga tidak menimbulkan kerusakan pada rambut.


Itu dia cara keramas yang benar dan bisa kamu praktikan dirumah. Walaupun terlihat mudah, namun kamu tetap harus rajin menerapkan teknik ini ya, Ladies. Semoga bermanfaat!