Saat ini Korean wave atau hallyu membawa dampak budaya populer Korea Selatan yang terkenal di seluruh dunia. Mulai dari serial drama, grup musik idola, fashion sampai kecantikan. Terutama produk kosmetik Korea begitu digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain kualitas yang ditawarkan, produk kecantikan tersebut juga banyak digunakan oleh artis-artis Korea.

Myeongdong di Seoul, Korea Selatan bisa dibilang surganya belanja kosmetik. Kawasan ini terkenal sebagai destinasi wisata belanja kosmetik Korea dengan harga yang kebanyakan lebih murah daripada di Indonesia. Agar belanja lebih maksimal, ada sejumlah tips belanja kosmetik yang bisa disimak.

Cari Informasi Lokasi Toko

Cari Informasi Lokasi Toko

Tips belanja pertama yaitu cari dulu lokasi toko yang akan kamu kunjungi. Myeongdong itu sangat luas dan besar dengan berbagai toko yang akan membuat kamu kalap mata. Menariknya lagi banyaknya toko dengan merek serupa namun di lokasi jalan yang berbeda. Sebagai contoh, kamu akan menemukan beberapa toko Etude House atau Nature Republic di Myeongdong dengan produk serupa, harga yang sama, dan letak yang berbeda.

Supaya tidak bingung saat tiba di Myeongdong, lebih baik baca dulu daftar tokonya dan lokasinya sebelah mana. Daripada nanti sudah capek berkeliling tapi ternyata toko tertentu yang dicari memang tidak ada di Myeongdong.
 

baca juga

Cek Operasional Toko

Cek Operasional Toko

Selain informasi toko, kamu juga harus cek jam operasional toko yang akan kamu kunjungi. Rata-rata toko kosmetik di Myeongdong beroperasi mulai pukul 10.00-22.00 waktu setempat. Kalau ingin lebih puas belanja datanglah sejak pagi.
 

Buat Daftar Belanja

Buat Daftar Belanja
Image : pexels.com
source: https://www.pexels.com/

Setelah menentukan tempat yang akan dikunjungi, buatlah daftar produk kosmetik yang ingin dibeli. Ini akan menghemat waktu dan budget kamu, apalagi jika kamu berwisata dengan waktu terbatas. Kamu juga harus siap-siap menahan diri dari tawaran masker atau kosmetik yang dibagikan gratis untuk mampir ke sebuah toko. Jangan terjebak oleh mereka yang membagikan sampel gratis ya, karena biasanya kamu akan dituntun dengan sedikit dipaksa untuk masuk ke dalam toko.
 

baca juga

Manfaatkan Tax Refund

Manfaatkan Tax Refund
Image : pexels.com
source: https://www.pexels.com/

Buat kamu para traveler yang berbelanja di negara orang, kamu bisa meminta kembali pajak penjualannya. Besarannya lumayan lho, sekitar 7-10% dari harga barang. Ada dua macam metode pengembalian yang diterapkan oleh toko-toko di Myeongdong, yaitu Immediate Tax Refund dan Global Tax Refund

Immediate Tax Refund, kamu akan mendapatkan langsung pengembalian pajak saat pembayaran dengan cara menunjukkan paspor di kasir. Metode ini umum di toko-toko seperti Missha, Tony Moly, dan Innisfree. Sementara untuk Global Tax Refund, mekanisme pengembalian pajaknya harus kamu urus sendiri di bandara sebelum pulang kembali ke Indonesia.