Film Dua Garis Biru yang tayang perdana pada 11 Juli 2019 kemarin, sempat menimbulkan kontroversi pada beberapa bulan terakhir ini. Film yang dibintangi oleh dua remaja Zara JKT48 dan Angga Aldi Yunanda ini mendapat ancaman berupa pemboikotan di internet tidak lama setelah trailernya dirilis.

Walaupun muncul berbagai kontroversi sampai adanya petisi online, Film Dua Garis Biru ini akhirnya bisa tetap tayang di layar bioskop Indonesia. Nah, di balik Film Dua Garis Biru yang sempat dilarang tayang di bioskop ini ternyata mempunyai 5 fakta menarik lho! Apa saja ya fakta menarik dibalik film yang sempat kontroversi ini? Simak selengkapnya di sini ya!

 1. Debut Gina S Noer sebagai Sutradara 

Sempat Kontroversi, Ini 5 Fakta Menarik Tentang Film Dua Garis Biru
source: https://www.instagram.com/ginasnoer/

Gina S Noer penulis naskah Film Garis Biru, ternyata sudah mempersiapkan naskah film ini 8 tahun lamanya lho, Ladies! Sempat hiatus lama dengan naskah film buatannya, akhirnya Chand Parwez selaku Produser dari Starvision Plus meyakinkan Gina S Noer untuk melanjutkan menulis naskah sampai selesai. Akhirnya menjadikan Gina S Noer sebagai Sutradara di film perdananya ini. Dengan pemerannya Zara JKT48 umur 16 tahun dan Angga Aldi Yunanda umur 19 tahun.
 

baca juga

 2. Sempat Muncul Petisi Boikot Film Dua Garis Biru 

Sempat Kontroversi, Ini 5 Fakta Menarik Tentang Film Dua Garis Biru

Tidak lama setelah trailernya di rilis tiba-tiba muncul berbagai kecaman dari sejumlah pihak yang menginginkan Film Dua Garis Biru dilarang tayang di bioskop. Selain itu sempat muncul petisi yang digagas oleh Gerakan Profesionalisme Mahasiswa Keguruan Indonesia yang menganggap film ini dapat menjerumuskan generasi muda.

Hingga Rabu, 01 Mei 2019 petisi ini telah ditanda tangani oleh 180 dari 200 orang. Namun saat ini petisi tersebut sudah tidak ada. Malah ada petisi tandingan untuk mengajak masyarakat untuk meloloskan film ini agar tayang dibioskop.

 3. Dikabarkan Mirip Film Luar Negeri 

Sempat Kontroversi, Ini 5 Fakta Menarik Tentang Film Dua Garis Biru
source: https://www.google.com/url?sa=i&source=images&cd=&ved=2ahUKEwjk2Pywz67jAhVJsI8KHeMfDW8Qjhx6BAgBEAI&url=http%3A%2F%2Fwww.twipu.com%2Ftag%2Fangga&psig=AOvVaw3PxOfBIs605-xfTuUhs8yL&ust=1562994721853532

Banyak yang mengatakan dan menuduh Film Dua Garis Biru plagiat Film Jenny Juno dari Korea dan Juno dari Amerika. Walaupun mengangkat tema serupa ketiga film nyatanya, memiliki isi yang jauh berbeda.

Konflik Film Dua Garis Biru ini tentu saja berbeda, karna semuanya sudah dikondisikan dengan keadaan di Indonesia yang menganggap fenomena hamil diluar nikah ini memiliki stigma miring dimasyarakat. Lalu, dikaitkan dengan masalah agama sampai konflik penolakan orang tua yang jelas berbeda sekali dengan kedua film luar negeri tersebut.

baca juga

 4. Nama Kedua Tokoh Utama Sempat Diganti 

Sempat Kontroversi, Ini 5 Fakta Menarik Tentang Film Dua Garis Biru
source: https://www.instagram.com/duagarisbirufilm/

Pemeran Utama Film Dua Garis Biru, yaitu Angga Aldi Yunanda dan Zara JKT 48 sempat mengalami pergantian nama tokoh. Setelah sebelumnya bernama Keke dan Aran, akhirnya berganti menjadi Dara dan Bima. Perubahan nama tersebut diganti agar mempunyai makna filosofi tersendiri. Nama Dara terinspirasi dari lagu “dara muda” sedangkan nama Bima didapatkan dalam dunia pewayangan yang mempunyai fisik kuat tetapi hatinya lembut.
 

 5. Film Lulu Tobing Setelah 7 Tahun Vakum 

Sempat Kontroversi, Ini 5 Fakta Menarik Tentang Film Dua Garis Biru
source: https://www.fimela.com/news-entertainment/read/4000423/lulu-tobing-sempat-panik-dan-stres-saat-kembali-berakting

Sempat vakum di dunia perfilmman akhirnya Aktris Lulu Tobing kembali bermain film. Dalam Film Dua Garis Biru ini, Lulu Tobing berperan sebagai Rika, yang merupakan Ibu Dara. Setelah menyelesaikan film Negeri 5 Menara pada 2012 lalu, sekembalinya ke dunia perfilmman sempat membuatnya canggung ketika kembali berhadapan dengan kamera, dan mengharuskannya beradaptasi kembali.
 

 Worth It untuk Ditonton! 

Itu dia 5 fakta menarik di balik Film Dua Garis Biru yang sempat kontroversi. Walau begitu film ini sarat akan makna positif lho! Jadi untuk kalian jangan ragu untuk menonton Film Dua Garis Biru di bioskop terdekat ya.

Inilah trailer Film Dua Garis Biru yang bisa kalian tonton terlebih dahulu sebagai gambaran film ini. Happy Watching Ladies!

youtube:b0NS7FP1loU
source: https://youtu.be/b0NS7FP1loU
DUA GARIS BIRU - Official Trailer