1. Air Putih


Meski sering dianggap sepele, ternyata air putih dapat membantu menyuburkan wanita loh. Sebab, fungsi air putih sendiri dapat menjaga kinerja organ tubuh agar berfungsi secara optimal. Selain itu, air putih juga membantu menyalurkan nutrisi keseluruh tubuh dan menyeimbangkan hormon.
1. Air Putih
source: https://www.instagram.com/wie_widi90

2. Karbohidrat Komplek


Sebagian wanita cenderung menghindari makanan yang mengandung karbohidrat. Alasannya, takut badan melar. Padahal, karbohidrat jelas dapat membantu menyuburkan wanita loh. Sebab, makanan berkarbohidrat komplek memiliki indeks glikemik yang rendah dan kaya akan serat. Bermanfaat menurunkan kejadian resistensi hormon insulin sehingga membantu dalam menyeimbangkan hormon reproduksi. 

Asalkan, tepat memilih jenis makanan yang dimaksud. Misalnya, karbohidrat komplek yang terdapat dalam gandum, beras merah, sayuran, dan pasta tentu lebih baik daripada karbohidrat yang terkandung dalam makanan olahan roti dan nasi putih biasa.
2. Karbohidrat Komplek
source: https://www.instagram.com/ichasavitry
baca juga

3. Protein


Masa kesuburan wanita juga ditentukan oleh kondisi dan fungsi sel-sel di dalam tubuh. Pastikan bahwa sel-sel di dalam tubuhmu dalam keadaan sehat dan berfungsi secara optimal. Nah, protein sendiri dapat menunjang pertumbuhan dan memperbaiki sel-sel yang rusak, meningkatkan fungsi imun, serta sebagai bahan dasar dalam memroduksi hormon di dalam tubuh. Makanan untuk kesuburan yang mengandung banyak protein yaitu kacang-kacangan (terutama kedelai dan kacang hijau), tahu, tempe, daging ayam bakar dan ikan bakar.
3. Protein
source: https://www.instagram.com/howtocountcalories

4. Lemak Baik


Lemak termasuk bahan baku penting dalam proses produksi hormone di dalam tubuh. Namun, jangan sampai salah memilih jenis lemak. Sebab, lemak jahat dapat menimbulkan masalah kesehatan. Sebaliknya, pilih lemak baik yang diklaim dapat membantu menyuburkan alat reproduksi wanita. Lemak baik mudah didapatkan dengan mengonsumsi Ikan salmon, olive oil, buah apukat, suplemen omega 3 yang dianjuran dokter.
4. Lemak Baik
source: https://www.instagram.com/ran_riry
baca juga

5. Susu Murni


Para ahli kesehatan menyatakan, wanita yang mencoba hamil harus memenuhi sekitar 1000 mg kalsium perhari. Jika dihitung, itu artinya setara dengan mengonsumsi 8 ons susu murni (Sumber Kompas). Kalsium yang terkenal dapat memperkuat tulang dan gigi, ternyata juga membantu sistem reproduksi agar berfungsi lebih efisien. Alternative lain bagi kamu yang tidak suka susu murni, dapat menggantinya dengan mengonsumsi keju, yogurt, dan es krim.
5. Susu Murni
source: https://www.instagram.com/susumurni_jogja

6. Nutrisi Penunjang Lainnya


Selain nutrisi utama yang disebutkan di atas, kamu juga perlu tambahan nutrisi lain yang mengandung zink/seng, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E. Tentu saja tidak sulit untuk mencari makanan yang mengandung bahan nutrisi tersebut. Cobalah rutin mengonsumsi sayuran hijau seperti sawi, brokoli, bayam serta buah-buahan berwarna menyolok. Misalnya, jeruk, semangka, buah berry, dan masih banyak yang lainnya.
6. Nutrisi Penunjang Lainnya
source: https://www.instagram.com/good.chives

Selamat mencoba Ladies, semoga berhasil ya !