Kamu sudah tahu tentang trend 'No-Shampoo'? Saat pertama kali mendengar trend ini, kamu mungkin berpikir bahwa trend ini tidak masuk akal. Bagaimana bisa kamu mencuci rambut tanpa menggunakan shampoo? Namun ternyata, trend No-Shampoo sudah banyak digandrungi masyarakat luar negeri, lho. Faktanya, trend ini justru menjadi salah satu cara dalam merawat rambut serta kulit kepala agar tetap sehat dan terlihat indah.

Benarkah? Yuk, simak fakta-fakta menarik tentang trend No-Shampoo biar kamu yakin untuk mencobanya sekarang!

Minyak Alami Rambut Ternyata Diperlukan

Sering sekali kamu merasa perlu untuk mencuci rambut lebih sering untuk menghindari perasaan berminyak pada rambut. Padahal, faktanya minyak alami yang ada ada pada rambut memiliki manfaat yang juga penting untuk rambut. Dr. Michele Farber, seorang dokter kulit di Schweiger Dermatology di New York, mengatakan bahwa rambut kita secara alami mengandung minyak karena ada kelenjar sebaceous di sekitar setiap folikel rambut di kulit kepala.

Nah, kelenjar-kelenjar ini menghasilkan minyak untuk membantu melindungi rambut. Minyak alami ini juga akan membentuk penghalang bagi lingkungan luar dan membantu melembapkan rambut, serta memberikan perlindungan antibakteri. Sebaliknya, terlalu sering mencuci rambut akan membuat rambutmu menjadi kering, lho.

Minyak Alami Rambut Ternyata Diperlukan
baca juga

Mengikuti Trend No-Shampoo Untuk Mengistirahatkan Rambut

Seperti namanya, No-Shampoo Routine berarti kamu tidak menggunakan shampoo pada rambut. Dengan begitu, kamu tidak menghilangkan minyak alami dari kulit kepalamu. Seringkali, kamu merasa perlu menghilangkan minyak yang ada pada rambut, padahal mencuci rambut secara berlebihan juga dapat menyebabkan kulit kepala memproduksi lebih banyak minyak.

Kebiasaan terlalu sering mencuci rambut justru akan membuat rambutmu terasa berminyak lebih cepat dan memberikan ilusi bahwa kamu perlu mencucinya lagi. Jika kamu mengikuti No-Shampoo Routine ini, kamu bisa mengistirahatkan kulit kepala dan rambutmu dari deterjen atau produk rambut yang memiliki bahan-bahan kimia.
Mengikuti Trend No-Shampoo Untuk Mengistirahatkan Rambut

Trend 'No-Shampoo' Bukan Berarti Rambutmu Kotor

Hanya karena kamu tidak mencuci rambut dengan shampoo secara teratur, bukan berarti rambutmu akan jadi kotor. Mungkin banyak orang yang berpikir bahwa shampoo sangat diperlukan untuk membersihkan rambut, membuat rambut lebih lembut, bahkan menguatkan rambut. Faktanya, banyak shampoo yang diformulasikan dengan jenis bahan yang sama yang digunakan untuk mencuci piring dan mobil. Shampoo-shampoo seperti ini mungkin akan membuat kulitmu jauh dari minyak, namun juga bisa memberikan efek sangat keras pada rambut dan membuat rambutmu rusak dalam penggunaan jangka panjang.
Trend 'No-Shampoo' Bukan Berarti Rambutmu Kotor
baca juga

Cara Memulai Trend No-Shampoo

Salah satu cara alternatif yang bisa kamu lakukan dalam perawatan rambut No-Shampoo adalah dengan menggunakan soda kue (dilarutkan ke dalam secangkir air dan dipijat ke rambut), atau dengan membilas rambutmu dengan cuka sari apel. Membilas rambut dengan cuka sari apel sangat direkomendasikan terutama bagi kamu yang memiliki kulit kepala kering.
Cara Memulai Trend No-Shampoo

Tertarik untuk mencoba trend No-Shampoo sekarang?