TAMAGOYAKI


Kalau kamu bosan dengan olahan telur dadar yang itu-itu saja, cobalah tamagoyaki telur gulung khas Jepang yang kaya bumbu. Resep tamagoyaki yang ini merupakan kreasi youtuber Food for The Gabs. Dalam bahan aslinya terdapat mirin yang beralkohol, jadi untuk menjaga kehalalannya kamu bisa menggantinya dengan campuran air jeruk nipis dan gula. Selengkapnya bisa kamu cek resepnya di sini.
TAMAGOYAKI
source: http://jpninfo.com

Bahan:

  • 3 butir telur (opsional +1 kuning telur untuk warna yang lebih dalam)
  • Secukupnya daun bawang, cincang
  • 1/4 sdt air jeruk nipis/lemon, campur dengan gula
  • 1/4 sdt kecap asin
  • Secukupnya garam
  • 1/2 sdt gula (opsional)
TAMAGOYAKI
source: https://www.nippon.com
baca juga

Langkah Pembuatan:

  1. Dalam mangkuk, kocok tiga butir telur, campuran air jeruk nipis dan gula, kecap asin, garam, dan gula.
  2. Menggunakan tamagoyaki pan (wajan persegi panjang), panaskan minyak dengan cara dioles tipis merata. Tuang telur dalam tiga tahap.
  3. Pertama, masak telur sampai matang lalu gulung hati-hati dan sisihkan di ujung wajan. Kedua, oles kembali wajan dengan minyak, tuang lagi dengan telur, masak sampai matang, kemudian gulung bersama telur gulung yang disihkan sebelumnya sehingga menjadi satu, sisihkan lagi ke ujung wajan. Ketiga, lakukan tepat seperti langkah dua hingga terbentuk telur gulung besar. Angkat. Potong-potong.

ONIGIRI


Onigiri atau nasi kepal akan menjadi sumber karbohidrat yang membuat kamu bertenaga menjalani banyak aktivitas. Masih menggunakan resep kreasi Youtuber Food for The Gabs, berikut bahan dan cara pembuatan onigiri untuk kamu coba sendiri.
ONIGIRI
source: https://www.loveandoliveoil.com

Bahan:

  • 1/2 cangkir nasi Jepang (bisa pakai merek Nishiki)
  • 1 gelas air
  • Secukupnya lembaran nori
  • Furikake (semacam abon Jepang, bisa pakai merek Marumiya furikake)

 

baca juga
ONIGIRI

Langkah Pembuatan

  1. Cuci beras, tapi jangan membilasnya terlalu banyak agar mempertahankan banyak pati yang bagus untuk onigiri. Jika diaduk terlalu kasar, berasnya mungkin akan patah, jadi lakukan dengan lembut. Setelah satu atau dua kali mencuci, kucuri beras dengan air selama 2 menit.
  2. Tiriskan dan diamkan beras selama 15 menit sebelum dimasak supaya berasnya mekar, merekah dengan sempurna.
  3. Menanak nasi dalam panci dengan api kompor tinggi. Setelah air mulai mendidih dengan cepat, atur nyala api ke yang rendah. Setelah matang, atur lagi nyala api ke yang besar selama 10 detik, baru kemudian matikan apinya. Diamkan (tutup) selama 10 menit sebelum dibuka. Atau, cukup gunakan penanak nasi dan jangan buka sebelum benar-benar 45 menit supaya matang sempurna.
  4. Dalam mangkuk, taburkan furikake ke atas nasi. Aduk perlahan menggunakan centong nasi. 
  5. Menggunakan cetakan onigiri, bentuk menjadi nasi kepal
  6. Beri lapisan nori

Nah, selagi menanak nasi, kamu bisa sambil membuat tamagoyaki. Dengan demikian keduanya bisa kamu santap bersamaan untuk sarapan. Sajikan dalam piring dengan tambahan tomat ceri. Selamat mencoba!

Selengkapnya simak di bawah ini ya: