Cerita bus 'hantu' ini berawal dari unggahan insta story seorang pemuda dengan nama akun @hebosto. Dalam ungguhan tersebut, akun @hebosto membagikan pengalaman mistis yang ia alami melalui foto dan rekaman video singkat. Menyusul unggahan tersebut, berbagai spekulasi pun bermunculan. Bahkan tidak sedikit para Indigo yang diminta untuk menjelaskan kejadian yang dialami oleh pemuda tersebut.

Terlepas dari benar tidaknya cerita bus 'hantu' itu, ada beberapa fakta ilmiah yang sebenarnya bisa membantu menjelaskan kejadian tersebut. Apa saja? Berikut informasinya!

Efek Gelombang Elektromagnetik


Efek Gelombang Elektromagnetik
source: https://fpttelecom.website/gambar-pola-yang-bagus.html
Elektromagnetik erat kaitannya dengan keberadaan sosok hantu. Bahkan elektromagnetik menjadi salah satu teori yang dikaitkan dengan kehadiran makhluk tidak kasat mata. Hal inilah yang kemudian mempengaruhi persepsi manusia tentang adanya makhluk halus atau hantu, dan mungkin juga merupakan hal yang dialami oleh pemuda tersebut.

Faktanya, gelombang elektromagnetik pada tubuh manusia secara langsung bisa memengaruhi otak. Menurut berbagai penelitian, adanya pola aktivitas yang aneh di dalam otak disebabkan oleh adanya elektromagnetik yang membuat seseorang merasa ada hantu di sebelahnya.

Apalagi seperti cerita bus 'hantu' yang viral belakangan ini, kondisi bus yang diceritakan juga sudah tua. Mungkin saja terdapat sumber gelombang elektromagnetik yang terdapat di dalam bus tersebut yang akhirnya mendorongnya berhalusinasi. 
baca juga

Bau Anyir, Indikasi Adanya Jamur


Bau Anyir, Indikasi Adanya Jamur
source: https://www.aryanto.id/artikel/id/2879/mengenal-kondisi-phantosmia-atau-fenomena-bau-hantu
Sekilas, jamur memang tidak terlalu dikaitkan dengan kehadiran hantu. Namun bau anyir yang sering dikaitkan dengan keberadaaan hantu mungkin saja sebenarnya berasal dari jamur. Mengingat pernyataan pemuda tersebut bahwa bus yang ditumpanginya sudah tua, sangat mungkin bus tersebut dipenuhi jamur yang mengeluarkan bau anyir, yang kemudian menambah suasana mistis.

Hubungan antara jamur dan hantu juga cukup menarik. Hal ini diperkuat dengan pernyataan seorang profesor dari Clarkson University bernama Shane Rogers. Ia meneliti pertumbuhan jamur dan adanya aktivitas mistis di dekatnya. Berdasarkan hasil penelitiannya, ternyata beberapa jenis jamur dapat menyebabkan gejala yang terasa 'angker', yaitu ketakutan tidak jelas.

Hal ini diperkuat pula dengan hasil pengumpulan data yang menunjukkan bahwa jamur tertentu tumbuh di beberapa tempat angker yang sering dikabarkan berhantu. Peneliti juga menjelaskan secara sederhana bahwa jamur punya kemampuan mengeluarkan gas-gas tertentu yang apabila terhirup, dapat berdampak langsung pada otak manusia. 

Adanya Gas Karbon Monoksida


Adanya Gas Karbon Monoksida
source: https://www.bernas.id/55648-karbon-monoksida-gas-beracun-yang-tanpa-sadar-sering-kita-jumpai-.html
Salah satu jurnal medis yang sudah dipublikasikan di American Journal of Ophthalmology menjelaskan bahwa salah satu hal yang menyebabkan tempat terasa berhantu adalah adanya gas karbon monoksida. Gas ini biasanya ditemukan di kendaraan. Karena bus yang ditumpangi korban merupakan bus tua, sangat mungkin bus tersebut mengeluarkan gas karbon monoksida.

Dalam jurnal yang sama juga dijelaskan bahwa ada kisah satu keluarga yang baru saja pindah rumah dan merasakan adanya hal mistis yang mengganggu mereka. Misalnya saja seperti barang yang bergerak sendiri, kehadiran makhluk halus yang kemudian mengganggu tidur, dan hal-hal mistis lainnya.

Alih-alih disebebkan oleh keberadaan hantu, ternyata hal itu disebabkan oleh gas karbon monoksida yang berasal dari perapian yang rusak. Setelah perapian tersebut diperbaiki, hal-hal yang terasa mistis tersebut pun hilang.
baca juga

Manusia Percaya Adanya Hantu


Manusia Percaya Adanya Hantu
source: http://audio.webi.biz/definitions/sound/
Sebuah studi ilmiah psikolog Universitas London mengatakan bahwa seseorang akan merasa hal-hal mistis sederhana apabila orang tersebut percaya bahwa hal tersebut memang ada. Hal ini juga diperkuat dari pernyataan seorang penulis studi mengenai hal ini, yaitu Christopher French. Ia mengatakan bahwa seseorang yang percaya hantu, secara psikologis otaknya akan merasionalkan informasi dan akhirnya juga turut memengaruhi orang lain untuk percaya bahwa mereka melihat hantu tersebut.

Adanya Infrasound di Bus


Adanya Infrasound di Bus
source: https://krjogja.com/web/news/read/47534/Pernah_Dengar_Bus_Hantu_Jogja_Surabaya_Kisah_Lainnya_Tidak_Kalah_Seram

Secara ilmiah, teori infrasound dapat dikaitkan dengan kejadian mistis yang terjadi di bus tersebut. Infrasound sendiri merupakan suara dengan frekuensi yang sangat rendah, sehingga manusia tidak bisa mendengarnya. Misalnya saja, suara dengan frekuensi 19 Hz, mampu membuat seseorang merasa tidak nyaman secara fisiologis.

Keberadaan Infrasound ini memang sangat masuk akal apabila terjadi di dalam kendaraan. Sebuah studi ilmiah bahkan pernah meneliti tentang dampak suara turbin angin dan suara lalu lintas yang ada di sebuah pemukiman. Suara dengan frekuensi yang sangat rendah ternyata bisa menjadi penyebab disorientasi dan akhirnya timbul lah perasaan panik, perubahan pada denyut jantung serta tekanan darah. Bukan hanya itu, perasaan ditakuti oleh hantu pun, bisa muncul dengan seketika.

Jadi, kamu tim yang percaya hantu atau tidak? Jika tidak, semoga fakta-fakta di atas bisa membantumu mendapatkan penjelasan, ya!