Jangan Sampai Ikut-Ikutan Teman


Jangan Sampai Ikut-Ikutan Teman
source: https://www.stmarys.academy/academics/high-school
Hal yang pertama ini tidak boleh kamu anggap sepele. Karena tidak bisa dipungkiri pengaruh teman akan sangat terasa ketika kamu akan memilih jurusan. Tidak jarang pula, kamu akan merasakan satu titik dimana kamu akan kehilangan teman hanya karena beda jurusan. Namun ingatlah, setiap orang lahir dengan potensi yang berbeda.

Demikian pula kamu dengan temanmu. Untuk itu, ketika memilih jurusan, jangan sampai kamu hanya ikut-ikutan teman. Pilihlah yang kamu rasa sesuai dengan kemampuan dan basic yang kamu miliki.

Ketahuilah Tingkat EQ dan IQ yang Dimiliki


Ketahuilah Tingkat EQ dan IQ yang Dimiliki
source: https://www.parenttoolkit.com/college-and-career/advice/4-year-college/guide-to-continuing-education-after-high-school-sorting-through-the-options
EQ akan lebih dibutuhkan di jurusan IPS, sedangkan untuk jurusan IPA lebih membutuhkan IQ. Untuk itu, tingkat EQ dan IQ bisa kamu jadikan salah satu tolak ukur ketika memilih jurusan. Kamu yang memiliki tingkat IQ atau intelegent quality yang tinggi, sebaiknya memilih jurusan IPA. Sedangkan, kamu yang memiliki emotional quality atau EQ Buatlah lebih tinggi, disarankan memilih jurusan IPS.
baca juga

Buang Segala Mitos Tentang IPA dan IPS


Buang Segala Mitos Tentang IPA dan IPS
source: https://www.123rf.com/photo_32993914_young-handsome-girl-student-at-the-college.html
Seperti yang diketahui, bahwa selama ini jurusan IPA akan identik dengan anak-anak cerdas dan kebiasaan belajarnya yang padat. Sementara, jurusan IPS lebih dikenal dengan image yang santai dan suka nongkrong. Hal ini sebaiknya kamu buang karena ini hanyalah mitos yang terjaga karena pemikiran yang keliru.

Jurusan IPA dan IPS sama-sama memberikan peluang yang sama. Semua kembali kepada dirimu. Jika kamu berusaha, bekerja keras serta rajin belajar tentu saja kamu akan berhasil di jurusan mana saja, IPA maupun IPS.

Sesuaikan dengan Bakat dan Kemampuan


Sesuaikan dengan Bakat dan Kemampuan
source: http://footage.framepool.com/en/shot/721571608-temptation-camping-love-couple-tent
Tidak ada yang lebih mengenal dirimu selain dirimu sendiri. Kata-kata ini sepertinya bisa kamu gunakan ketika memilih jurusan. Seyogyanya kamu yang memahami dirimu, tentu bisa melakukan analisis terlebih dahulu sebelum memilih jurusan.

Lihatlah rekam jejak hasil belajarmu ketika berada di tingkatan sekolah sebelumnya. Sesuaikan juga dengan minat kamu. Pertimbangkanlah satu persatu dengan matang dan teliti hingga kamu menemukan kecondongan di salah satu pilihan tersebut.
baca juga

Orangtua


Orangtua
source: https://www.123rf.com/photo_14676257_group-of-young-female-college-students-on-campus.html
Hal yang cukup krusial ketika kamu memilih jurusan adalah pendapat dan saran dari orang tua. Sebelum memikih jurusan, yakinkanlah pada orang tuamu tentang pilihanmu. Kalaupun kamu masih ragu-ragu, jangan takut meminta masukan dari mereka.

Namun, harus diingat bahwa kamu harus sudah tahu arah dan tujuan mu kedepannya. Sehingga, ketika orang tuamu memberikan masukan, kamu bisa memberikan pertimbangan-pertimbangan yang jelas untuk menerima atau tidak masukan mereka.