1. Membicarakannya

Disaat kamu merasa stres dan emosi, ada baiknya kamu membicarakannya kepada teman dekat kamu atau temat curhat kamu. Kamu bisa mempercayai dia untuk menceritakan dan mengeluhkan apa yang kamu alami. kalau kamu malu dan takut mnceritakan dan mengeluhkan kepada teman kamu itu, kamu bisa menceritaknnya kepada dokter spesialis seperti psikiater. Dengan melakukan itu kamu bisa menceritakan banyak hal dan mengeluhkan apa yang menganjal pada dirimu agar mental kamu tidak tertekan. Karena mental yang tertekan tidak sehat untuk pikiran dan hatimu.
 

1.	Membicarakannya

2. Olahraga

Olahraga adalah cara paling mudah dan ampuh yang akan membantu kamu untuk menjaga kesehatan mental. Memang memulai untuk berolahraga agak sulit, apalagi kalau olahraga itu dilakukan pada pagi hari. Tapi kamu tetap harus memulainya, kamu bisa melakukan olahraga-olahraga ringan. Olahraga yang bisa kamu lakukan dikala stress dan bosan adalah jogging atau kamu melakukan yoga supaya pikiran dan hati menjadi lebih relax. Tanpa perlu obat-obatan tubuhmu akan tetap sehat.
 

2.	Olahraga
baca juga

3. Tidur

Otak dan badan kamu setiap harinya harus beristirahat. Istirahat yang paling bisa kamu lakukan adalah tidur. Kamu bisa tidur dengan cukup selama 8 jam sehari, selain itu dikala kamu capek dan lelah kamu bisa mengistirahtkan otak dan badan dengan tidur sekitar 5-10 menit. Dengan begitu otak dan tubuh kamu akan fresh kembali, karena saat tidur otak dan tubuh beristirahat dengan baik, jadi ketika kamu bangun otak dan badan kamu sudah tidak lagi merasa letih dan stress. Mulai sekarang kurangi tidur hingga larut malam dan mencoba untuk tidur lebih cepat agar mental kamu tetap sehat.
 

3.	Tidur

4. Kurangi pengguna telepon selular

Telepon selular adalah salah satu dampak paling besar dalam kerusakan mental. Melihat social media, bermain games dan memandangi ponsel setiap saat akan membuat mata dan otak kamu lelah. Dengan melihat social meduia dan melihat social media orang lain akan membuat mental kamu terganggu apabila ada yang membuat kamu sensitif atau emosi. Hal-hal seperti ini membuat mental kamu terguncang, kamu tidak mengenal dia tapi kamu merasa tersaingi oleh dia.
Selain itu bermain games juga berpangruh besar terhadap kerusakan mental, dengan memainkan games apalagi kalau kamu kalah dan enggak sesuai harapan dirimu akan emosi dan marah-marah, itu akan membuat tekanan darah kamu menjadi tidak bisa jadi nantinya bisa merusak syaraf yang ada pada tubuhmu. Coba untuk pelan-pelan melepas ponsel dari diri kita, setidaknya dalam satu hari kurangi 1-3 jam pemakaian. Hari makin ke hari hal itu akan terbiasa dan kamu bisa megurangi kerusakan mental pada diri kamu.
 

4.	Kurangi pengguna telepon selular
baca juga

5. Membuat jurnal

Buatlah catatan penting dan membuat schedule untuk diri kamu. Kamu harus mulai untuk memanage diri kamu dengan membuat jurnal. Dengan itu kamu akan termotivasi untuk menjalani kehidupan lebih baik. Membuat jurnal adalah satu fungsi kamu menjadi lebih bahagia, karena kamu membuat rincian harian atau bulanan dan target sesuai dengan keinginan kamu. Kalau kamu tidak bisa melakukan itu di hari dan waktu yang telah ditentukan jangan takut, kamu buat jurnal baru lagi untuk merancang hal yang belum tersampaikan menjadi tersampaikan. Dengan begitu kamu akan merasa enjoy dan santai dalam menjalani hidup, itu juga akan mempermudah kamu tidak terkenal kerusakan mental. Karena kamu merasa hidup ini sangat berarti jadi kamu perlu bahagia menjalani hidup
 

5.	Membuat jurnal
Jagalah kesehatan mentalmu dengan melakukan beberapa hal di atas, ya!