1. Membekukan Makanan yang Salah


Pakar keamanan pangan dan pendidik nutrisi juga kesehatan di University of Illinois Extension, Mary Liz Wright, MS mengatakan bahwa sementara sebagian besar makanan dapat berhasil dibekukan.

Namun ada beberapa makanan yang tidak baik jika dibekukan, seperti sayuran salad yang lembut (seperti selada dan mesclun) dan sayuran encer, seperti kol, seledri, mentimun, endive, selada, peterseli, dan lobak, cenderung menjadi lemas dan basah kuyup, yang berdampak negatif pada rasa serta teksturnya. Selain itu kentang yang dipanggang atau direbus menjadi lunak, rapuh, dan tergenang air ketika dibekukan.

1. Membekukan Makanan yang Salah
source: https://id.pinterest.com/pin/428404983285616896/

2. Membekukan Makanan dengan Cepat


"Waktu adalah kualitas dalam hal pembekuan," Wright menjelaskan. "Ketika makanan membeku dengan cepat kerusakan dinding sel akan berkurang yang menyebabkan masalah rasa dan tekstur. Jika kamu mencairkan sesuatu dan itu sangat lembek, itu membeku terlalu lambat."

Wright mengatakan bahwa yang harus kamu lakukan adalah memotong apapun yang ingin kamu bekukan. "Semakin kecil potongan atau semakin kecil wadah semakin cepat makanan membeku," jelasnya. Kamu juga dapat mempercepat proses dengan menurunkan suhu freezer hingga -10 derajat F.

Dia mengatakan juga penting untuk memastikan bahwa udara dapat bersirkulasi di sekitar makanan ketika pertama kali ditempatkan di dalam freezer, karena ini juga akan memungkinkannya untuk membeku lebih cepat.

2. Membekukan Makanan dengan Cepat
source: https://id.pinterest.com/pin/498984833710320530/
baca juga

3.  Cuci buah & Sayuran Sebelum Dibekukan


Sesuatu yang basah jika dimasukan ke dalam freezer semakin besar kemungkinannya menjadi burn freezer. Terutama untuk buah-buahan dan sayuran dengan kulit luar yang halus. Namun hal berbeda jika kamu ingin membekukan buah beri, kamu tidak boleh mencucinya sama sekali karena kelembapannya bisa mengencangkan kulit buah tersebut.

Ini tiga hal kesalahan yang harus kamu ketahui pada saat membekukan makanan. Jadi, harus berhati-hati ya Ladies jika ingin melakukannya!

3.  Cuci buah & Sayuran Sebelum Dibekukan
source: https://www.freepik.com/