Setiap perempuan pasti mendambakan kulit yang bebas dari terawat. Namun untuk pemilik jenis kulit yang mudah berjerawat, hal ini kadang menimbulkan tantangan tersendiri. Untuk kamu yang memiliki wajah mudah berjerawat, jerawat bisa muncul di berbagai tempat seperti dagu dan pipi. Jenis jerawat pun beragam, mulai dari jerawat yang sakit ketika disentuh sepert jerawat batu, hingga jerawat pasir yang punya bentuk kecil namun biasanya banyak dan menganggu.

Sebagai solusi, kamu perlu melakukan kombinasi perawatan dari luar dan dalam. Perawatan dari dalam bisa kamu lakukan dengan memperbaiki pola makan dan gaya hidup. Sedangkan perawatan dari luar bisa kamu upayakan dengan menggunakan rangkaian skincare yang tepat.

Dalam tahap merawat wajah, menggunakan produk skincare memiliki berbagai tahap yang harus konsisten dilakukan. Salah satu tahap tersebut adalah tahap toning atau menggunakan toner. Sebaiknya kamu tidak menyepelekan toner karena toner punya banyak manfaat.

Salah satu manfaat toner adalah memberi kelembapan pada kulit, membuat proses penyerapan produk skincare yang kamu gunakan lebih mudah meresap ke dalam kulit wajah. Selain itu, toner juga bermanfaat mengembalikan pH kulit yang ‘rusak’ akibat proses pembersihan.

Jenis toner sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu hydrating toner dan eksfoliasi toner. Hydrating toner, sesuai namanya bermanfaat memberi hidrasi atau kelembapan pada kulit. Sedangkan eksfoliasi toner ialah toner yang bermanfaat mengelupas sel kulit mati.

Mengingat manfaat toner yang besar, sebaiknya kamu mulai rutin menggunakannya. Masih bingung produk toner apa yang sebaiknya kamu gunakan? Simak beberapa rekomendasi toner untuk kulit berjerawat berikut!

1. Some by Mi Miracle Toner

Bekerja sebagai eksfoliator yang membantu agar kulit lebih cerah dibanding sebelumnya, Some by Mi Miracle Toner cocok digunakan setiap hari. Produk ini memiliki pH rendah serta bisa digunakan untuk pemilik kulit sensitif, kering maupun berminyak, lengkap dengan kandungan bahan aktif AHA-BHA-PHA. Kandungan AHA bermanfaat mengangkat sel kulit mati, membersihkan kotoran pada kulit dan memperbaiki tekstur kulit. Kandungan BHA bermanfaat menghilangkan blackhead dan whitehead, membersihkan pori, hingga mengontrol kelebihan minyak. Sementara PHA diketahui bermanfaat memberi kelembapan, menghaluskan kulit dan mencegah sel kulit mati.
1. Some by Mi Miracle Toner
source: https://www.instagram.com/somebymi
baca juga

2. Cosrx AHA/BHA Clearifying Toner

Selain jerawat, kulit berminyak juga kerap bermasalah dengan komedo. Untuk mengusirnya, kamu bisa mulai menggunakan Cosrx AHA/BHA Clarifying Toner. Toner ini mengandung AHA dan BHA dalam kadar ringan. Cocok nih buat pemula yang ingin mencoba produk chemical eksfoliator. Cosrx AHA/BHA Clarifying Toner ini mengandung bahan utama Willow Bark Water yang berfungsi untuk mengecilkan pori, mengatasi produksi minyak berlebih dan anti inflamasi yang meredakan jerawat.  
2. Cosrx AHA/BHA Clearifying Toner
source: https://www.instagram.com/cosrx_indonesia

3. Avoskin Miraculous Refining Toner

Kalau dua produk sebelumnya berasal dari Korea, kali ini ada produk Avoskin Miraculous Refining Toner dari lokal. Produk ini mendapat banyak ulasan positif dari para beauty blogger dan para influencer. lho. Toner ini terkenal karena mampu mengeksfoliasi kulit tanpa membuatnya kering. Hal ini karena toner ini mengandung aloe vera di dalamnya. Selain aloe vera, toner yang memiliki tekstur cair yang ringan seperti air dan mudah meresap ini juga mengandung perpaduan AHA-BHA-PHA, niacinamide, tea tree, dan witch hazel. 

3. Avoskin Miraculous Refining Toner
source: https://www.instagram.com/avoskinbeauty
baca juga

4. Naruko Tea Tree Shine Control and Blemish Clear Toner

Naruko adalah produk dari Thailand. Toner ini memiliki beberapa manfaat seperti mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori, mengatur produksi minyak pada kulit, serta mencegah munculnya jerawat. Mengandung bahan aktif salicilic acid sebesar 0.2%, Naruko Tea Tree Shine Control and Blemish Clear Toner cocok untuk kamu yang baru mengenal skincare atau memiliki jenis kulit mudah berjerawat.

4. Naruko Tea Tree Shine Control and Blemish Clear Toner
source: https://www.instagram.com/danangwisnu

Nah, sudah tahu toner apa yang cocok untukmu?