1. Gunakan Produk Perawatan Rambut yang Tepat

Untuk hasil catok lebih bagus dan tahan lama, kamu bisa mengawalinya dengan mencuci rambut. Gunakan produk pencuci rambut yang sesuai dengan jenis rambut. Tak cukup sampai di situ, gunakan juga pelembut rambut baik yang harus dibilas maupun yang tanpa dibilas. Pemilihan produk yang tepat akan menghindarkan rambut dari masalah seperti kerontokan. Menggunakan conditioner juga akan membuat rambut lebih mudah diatur.
 

1. Gunakan Produk Perawatan Rambut yang Tepat
source: https://www.pixabay.com

2. Pastikan Rambut Bersih

Setelah mencuci rambut, hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan sebelum mencatok rambut adalah keadaan rambutmu. Pastikan rambut dalam keadaan bersih, minimal sudah dicuci dengan shampo. Rambut yang kotor dan berminyak akan mempersulit proses nyatok. Selain itu, pastikan juga rambut sudah kering sempurna sebelum dicatok. Karena saat basah, rambut akan sulit ditata dengan alat catok.
 

2. Pastikan Rambut Bersih
source: https://www.freepik.com
baca juga

3. Bagi Rambut Menjadi Beberapa Bagian

Agar rambut bisa lurus lebih lama, kamu harus mencatok rambut di semua bagian. Jangan hanya bagian luar saja tanpa menyentuh bagian dalam rambut. Bagi rambut menjadi beberapa bagian ketika nyatok, terlebih untuk rambut yang terlalu tebal dan lebat. Pembagian seperti ini adalah untuk memastikan setiap helai rambut bisa dijangkau alat catok. Selain itu proses nyatok akan lebih mudah jika dilakukan per bagian rambut.
 

3. Bagi Rambut Menjadi Beberapa Bagian
source: https://www.freepik.com

4. Gunakan Suhu Sedang

Mulailah nyatok dengan suhu sedang. Nyatok dengan suhu tinggi memang akan lebih cepat meluruskan rambut. Tapi itu juga sekaligus bisa lebih cepat membuat rambut kembali ke bentuk semula. Menggunakan alat catok dengan suhu sedang memang harus lebih telaten. Namun cara ini justru bisa membuat tatanan rambut rapi lebih tahan lama.
 

4. Gunakan Suhu Sedang
source: https://www.freepik.com
baca juga

5. Pilih Alat Catok yang Tepat

Dari semua tips mencatok untuk hasil tatanan rambut tahan lama, memilih alat catok merupakan hal terpenting. Alat catok terbuat dari beragam bahan seperti keramik, titanium atau tourmaline. Bagi kamu yang mempunyai tipe rambut tipis dan pendek, pilih alat catok berbahan keramik. Sedangkan bagi kamu pemilik rambut lebat dan panjang, alat catok berbahan titanium lebih direkomendasikan karena cepat menghantarkan panas sehingga rambut tebalmu akan mudah tertata.

5. Pilih Alat Catok yang Tepat
source: https://www.freepik.com
youtube:jfkDrZVI4I0
source: https://www.youtube.com/watch?v=jfkDrZVI4I0
Tutorial Ombre Lips dari Lipstik Wardah - Beautynesia Beauty Tutorial