1. Jadilah Pribadi yang Ramah

Orang yang ramah tentu akan mudah ketika berkenalan dengan orang baru. Setelah berhasil berkenalan, kamu akan punya teman baru. Enggak cuma teman sesama murid, kamu juga bisa ramah dan berkenalan kepada satpam atau bahkan petugas kebersihan di sekolah baru. Bersikap ramah dan hangat kepada banyak orang akan membantumu merasa lebih nyaman berada di tempat baru.
 

1. Jadilah Pribadi yang Ramah

2. Rapikan Penampilan

Menjadi ramah saja enggak akan cukup untuk beradaptasi di lingkungan sekolah dengan mudah. Kamu juga harus menjaga penampilanmu untuk selalu rapi, menarik bahkan harum. Berpenampilan rapi akan membuat orang lain nyaman berada di dekatmu. Mereka juga enggak akan ragu menyambut ajakanmu untuk berkenalan. Dengan berpenampilan menarik, kamu enggak akan dipandang aneh oleh orang lain sehingga kamu lebih mudah berbaur.
 

2. Rapikan Penampilan
baca juga

3. Memulai Percakapan

Memulai percakapan dengan orang baru memang pasti ada sedikit rasa malu. Namun jika kamu terus menuruti rasa malu, kamu enggak akan bisa berbaur dengan orang-orang baru di lingkungan sekolah. Enggak perlu memulai percakapan dengan topik yang berat. Kamu bisa memulainya dengan pertanyaan atau perkataan sederhana, misalnya “hari ini mendung ya?”. Menyapa dengan ucapan “selamat pagi” kepada penjaga sekolah juga enggak ada salahnya kamu lakukan.
 

3. Memulai Percakapan
source: http://www.promocirebon.com/

4. Berikan Kesan Baik

Selain dengan penampilan, kamu juga harus menampilkan kesan baik dari sikapmu. Pelajari aturan sekolah dan patuhilah. Sebagai contoh, kamu harus datang di sekolah lebih awal agar enggak telat dan mendapat hukuman. Mematuhi tata tertib bisa menjadi awal yang baik bagi kamu untuk merasakan lingkungan sekolah yang nyaman dan menyenangkan. Bersikap menyenangkan terhadap siapapun yang kamu temui juga akan membuatmu dihargai.
 

4. Berikan Kesan Baik
baca juga

5. Ikuti Kegiatan di Sekolah

Cara paling efektif untuk beradaptasi di lingkungan sekolah yang baru adalah dengan ikut kegiatan. Di sekolah tentu ada banyak kegiatan tambahan selain tugas utama sebagai siswa. Kamu bisa memilih jenis kegiatan yang paling sesuai dengan minat dan bakatmu. Di kegiatan tersebut, tentu kamu akan bertemu dengan banyak siswa lain. Adaptasi bisa semakin mudah kamu lakukan karena teman baru yang kamu temui memiliki minat dan hobi yang sama.
 

5. Ikuti Kegiatan di Sekolah