1. Menyebabkan Iritasi

Perlu kamu ketahui bahwa area pada miss V memiliki sifat asam dengan kadar 4-4,5 pH. Sedangkan darah pada haid atau menstruasi bersifat basa. Nah, saat kamu mengalami menstruasi maka darah yang keluar mengandung 7,3 – 7,4 Ph. Artinya, Ph yang dikeluarkan bisa merusak kulit. Oleh karena itu, kulit akan mudah iritasi saat menstruasi berlangsung. Iritasi yang terjadi bisa berupa rasa gatal, perih, kulit merah, basah, berair dan bau tidak sedap. Untuk itu, kamu perlu untuk menjaga kebersihan saat haid berlangsung.
 
 

1.  Menyebabkan Iritasi

2. Herpes

Bahaya selanjutnya adalah munculnya penyakit herpes. Tanpa disadari saat kamu malas ganti pembalut , kemungkinan besar kamu dapat terkena penyakit herpes. Infeksi bakteri herpes paling cepat menyebar dan menyerang tubuh. Penyebab penyakit ini biasanya terjadi karena kelembapan area kulit miss V.
 
 

2.  Herpes
baca juga

3. Kanker Serviks

Terjadinya kanker serviks dapat disebabkan oleh kebersihan pada area miss V. Salah satunya pada efek telat ganti pembalut biasanya akan merasa lembap, gatal yang ujungnya keputihan hingga munculnya kanker serviks. Pembalut yang tidak kita ganti biasanya ada microorganism Human Papiloma Virus (HPV) penyebab kanker serviks.
 

3.  Kanker Serviks

4. Kekeringan Vagina

Salah satu pemicu tidak mengganti pembalut adalah vagina menjadi kotor. Saat Vagina kotor maka akan menyerap semua pelumas di dalamnya sehingga bisa menyebabkan kekeringan vagina. Untuk itu jangan malas untuk mengganti pembalut.

4.  Kekeringan Vagina
source: https://www.rd.com/
baca juga

5. Jamur

Resiko bahaya yang terakhir adalah munculnya penyakit jamur yang memiliki nama candida albicans. Jamur ini menyebabkan keputihan pada wanita yang disertai rasa gatal yang cukup parah. Rasa gatal ini akibat infeksi jamur, bila kamu menggaruknya terus menerus bisa menyebabkan iritasi atau infeksi serius. Sebaiknya, kamu menjaga kebersihan dengan menggantti pembalut agar kamu tidak terhindar dengan salah satu jenis penyakit tersebut. 
 

5.  Jamur
source: https://www.powerofpositivity.com/

Nah, inilah kelima bahaya yang dapat memicu saat kamu malas untuk mengganti pembalut. Perlu kamu ingat kembali bahwa sebaiknya pembalut diganti setiap tiga jam sekali! Agar kamu terhindar dari beberapa resiko yang telah dipaparkan diatas.