1. Olahraga Berat 

5 Hal yang Pantang Dilakukan Setelah Melahirkan

Berolahraga memang baik untuk kesehatan, tapi tidak setelah melahirkan. Kondisi tubuh yang belum fit seutuhnya hanya akan membahayakan Ladies yang sedang berada pada tahap pemulihan. Alih-alih bukannya sehat Ladies bisa saja malah harus mengalami cedera.

Oleh karena itu, baiknya sebelum berolahraga coba konsultasi lebih dulu dengan dokter. Jika dokter mengizinkan, barulah kamu bisa kembali berolahraga. Namun, mulai dari olahraga ringan, seperti berjalan kaki di depan rumah saat pagi atau sore. 

 2. Lalai Merawat Organ Intim 

5 Hal yang Pantang Dilakukan Setelah Melahirkan

Pasca melahirkan Ladies akan mengalami masa nifas atau dalam dunia medis disebut sebagai puerperium. Masa ini adalah dimana rahim kembali seperti semula setelah proses persalinan selesai. Biasanya keadaan ini harus kamu lewati 4-6 minggu. Nifas biasanya ditandai dengan keluarnya darah dari jalan lahir.

Selama masa nifas, kamu harus lebih memperhatikan organ intim agar tidak mengalami infeksi atau untuk yang melahirkan normal agar jahitan vagina tidak robek. Untuk itu perlu sekali perhatian yang khusus, seperti membersihkan vagina secara teratur setelah buang air, menjaga vagina agar tetap kering, dan mengganti pembalut 3-4 jam sekali agar kuman tidak menumpuk.

baca juga

 3. Menunda Berhubungan Intim 

5 Hal yang Pantang Dilakukan Setelah Melahirkan

Pasca melahirkan agar tubuh kembali pulih sebaiknya tidak melakukan hubungan intim terlebih dahulu, atau menunda waktunya sampai diperbolehkan. Robekan perineum dan perdarahan pada masa nifas, tidak hanya meningkatkan risiko infeksi, tapi juga menimbulkan nyeri pada area vagina.

Selain itu, vagina juga akan menjadi lebih kering saat menyusui. Oleh karena itu, hubungan intim sebaiknya ditunda sampai waktu dimana Dokter sudah memperbolehkan. Tapi jika Ladies memang ingin melakukan penetrasi seksual sebaiknya lakukan saat 2-6 minggu pasca melahirkan.

 4. Beremosi Tinggi 

5 Hal yang Pantang Dilakukan Setelah Melahirkan

Perasaan bingung, cemas, dan gelisah pasca melahirkan dan baru saja menjadi Ibu memang umum dirasakan. Namun, jangan sampai terlalu larut dalam perasaan itu ya. Jika kamu mengalaminya, usahakan untuk selalu berbagi cerita entah itu dengan suami, orang tua maupun teman dekat. Dengan begitu, pikiran kamu akan berkurang dan tidak mengalami depresi. Sekalipun ingin menyendiri, tak apa. Namun ingat, jangan sampai si kecil terabaikan ya!
 

baca juga

 5. Melakukan Diet Ketat 

5 Hal yang Pantang Dilakukan Setelah Melahirkan

Pasca melahirkan pasti kamu memimpikan tubuh kembali seperti saat sebelum hamil dan berniat berdiet ketat demi mewujudkannya kan?

Sayangnya, diet ketat harus ditunda terlebih dahulu. Karena hal itu akan menganggu pemenuhan nutrisi penting dan menghambat proses pemulihan tubuh setelah melahirkan. Tak hanya itu, diet ketat juga akan mempengaruhi kandungan nutrisi asi kamu.
 

5 Hal yang Pantang Dilakukan Setelah Melahirkan

Itu dia 5 hal yang harus diperhatikan dan dihindari pasca melahirkan. Dengan menghindari 5 hal tersebut proses pemulihan akan berjalan dengan baik. Selain itu, saat sudah menjadi Ibu serta memberikan asi, lebih perhatikan hal-hal kecil yang dapat berdampak langsung terhadap si bayi dan konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter ya!