Berenang di kolam renang ternyata bisa membuat kulit kita kering, Ladies. Hal ini disebabkan oleh klorin atau kaporit yang ada pada air kolam renang. Apalagi jika kamu berenang pada saat matahari cukup terik, yang bisa membuat sunburn atau kulit terbakar akibat paparan sinar matahari. Tentu hal itu bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif. Dengan begitu, perawatan sebelum dan juga sesudah berenang harus diperhatikan. Ini dia tips-tipsnya:

Sebelum Berenang
 
Tips Merawat Kulit Sebelum dan Sesudah Berenang Agar Tetap Sehat
source: https://id.pinterest.com/
  • Gunakan Tabir Surya atau Sunblock

Berenang di tempat yang terbuka tentunya memerlukan perlindungan lebih supaya kulit tidak mudah terbakar sengatan matahari. Pilih sunblock dengan SPF yang cukup tinggi dan gunakan di seluruh tubuh.

  • Mandi dengan Air Hangat

Hal ini penting dilakukan sebelum memasuki kolam. Jadi bersihkan dulu badan, khususnya dengan air hangat agar kotoran di kulit hilang setelah memakai sunblock. Hal ini agar sunblock yang sudah dipakai bisa bertahan lebih lama dan juga mengurangi penyerapan air kolam pada kulit kita.

  • Mengolesi Tubuh dan Rambut dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa ternyata efektif melindungi kulit dan rambut saat berenang. Minyak alami pada kulit yang berfungsi sebagai pelindung terhadap virus dan bakteri ini, rentan berkurang ketika berenang di air kolam yang mengandung klorin. Nah, fungsi minyak kelapa di sini adalah untuk melembabkan lebih ekstra kulit dan rambut supaya tetap sehat.

  • Memakai Cap

Perlindungan lebih supaya rambut dan kulit kepala terhindar dari paparan klorin adalah memakai cap atau topi berenang. Jadi kulit kepala tetap sehat.

Sesudah Berenang
 

Tips Merawat Kulit Sebelum dan Sesudah Berenang Agar Tetap Sehat
source: https://id.pinterest.com/
  • Mandi

Walaupun berenang sama saja terkena air seperti mandi, tapi karena air yang mengandung klorin di kolam renang itu masih menempel, bisa membuat kulit menjadi sangat kering. Solusinya adalah dengan mandi yang bersih. Jangan lupa untuk mengutamakan menggunakan air hangat dan hindari air yang terlalu panas atau dingin supaya kelembaban alami kulit tidak hilang.

  • Keramas

Jika kulit di badan sudah bersih, jangan lupakan juga rambut di kepala, ya, Ladies! Karena klorin yang menempel harus dibersihkan agar tidak merusak rambut serta kulit kepala. Gunakan shampoo dan juga conditioner sesuai kebutuhan.

  • Pakai Serum Vitamin C

Campur serum vitamin C pada pembersih wajah. Jika kulit masih terasa kering setelah selesai berenang untuk menjaga kulit dari kerusakan oleh sinar UV.

  • Gunakan Pelembap

Jangan pernah sekali-kali melewatkan pelembap pada kulit tubuh dan wajah, karena setelah berenang biasanya kulit akan menjadi sangat kering. Jika tepapar sengatan matahari lagi, wajib memakai sunblock.