Belakangan ini, garden wedding party kembali tren di Indonesia. Bahkan belum lama ini, Irish Bella dan Amarzoni, salah satu pasangan artis menikah dengan konsep garden party. Konsep pernikahan outdoor ini biasanya dipilih karena terbilang simpel dan menjadi alternatif biaya pesta pernikahan yang besar. Tak hanya itu, garden wedding party juga membuat pengantinnya lebih intimate kepada para tamunya. 

Namun agar acara pernikahan kamu ini berjalan lancar, ketahui dulu tips-tips di bawah ini sebelum menggelar garden wedding party. 

Lokasi atau Venue

Lokasi atau Venue
source: https://hallak.com/planning-an-outdoor-party/eco8/

Menentukan lokasi yang tepat sebagai garden party adalah hal pertama yang wajib dilakukan. Kamu harus tahu persis keunggulan lokasi tersebut. Misalnya dengan menyewa camping ground seperti yang dilakukan oleh pasangan artis Andien dan Ippe beberapa tahun lalu di Pine Forest Exclusive Camping Ground, Bandung. Atau jika acara ingin lebih personal kamu bisa saja memanfaatkan taman atau halaman belakang rumah.

Kamu juga harus antisipasi jika cuaca tidak mendukung. Cuaca adalah faktor yang tidak bisa ditebak. Kamu bisa mengakalinya dengan memasang tenda transparan untuk ruang makan sehingga akan tetap aman sekalipun hujan turun.

baca juga

Tema

Tema
source: http://www.seputarpernikahan.com/

Walaupun kamu memilih mengadakan pesta pernikahan outdoor bukan berarti kamu bisa menggelarnya tanpa tema. Tema tetap harus dipersiapkan. Buatlah tema yang lebih rinci, misalnya berbagai dekorasi pesta bernuansa kayu ala rustic atau konsep menyesuaikan dengan hobi kamu dan pasangan. Selain itu, bisa juga dengan mengambil tema shabby chic untuk menampilkan garden party yang vintage dan unik.

Dekorasi

baca juga

Menu Makanan

Menu Makanan
source: https://www.possibledecor.com/

Tema garden party memiliki kesan yang fresh dan nyaman. Jadi, untuk urusan hidangan, beberapa pilihan yang pas adalah sandwich, barbeque, salad, koktail, sup sayur, sup buah dan sebagainya.  Selain menu makanan utama, kalian bisa sediakan side dish yang lucu dan unik seperti BBQ, donat, cupcakes, atau menu unik sweet corner lainnya yang bisa kalian sesuaikan dengan tema. Sedangkan untuk minumannya, pilih minuman yang menyegarkan karena tema pernikahan garden party di ruang terbuka akan bikin tamu mu lebih cepat haus.
 

Sediakan Tempat Duduk

Sediakan Tempat Duduk
source: https://www.possibledecor.com/

Seperti yang kita tahu, garden party tidak butuh tempat duduk karena kalian bisa makan atau berbincang-bincang sembari berdiri. Tapi suasana yang santai ala piknik juga menjadi ide yang baik untuk tema pernikahan kalian. Dan ini juga lagi menjadi tren karena membuat tamu undangan menjadi senyaman mungkin akan membuat pesta pernikahan kalian lebih happy!
 

Wedding Entertainment

Wedding Entertainment
source: https://apkpure.com/

Terakhir adalah area hiburan. Tidak lengkap jika pesta tanpa hiburan. Kalian bisa sediakan spot khusus untuk band yang kalian undang untuk memainkan lagu-lagu andalannya, bisa membawakan lagu-lagu yang disesuaikan dengan nuansa garden party, atau bisa kalian tambahkan semacam area bioskop kecil untuk memutar video atau kumpulan foto-foto pre-wedding dan moment unik lainnya.