Bedak Lulur

Bedak lulur dibuat dari bahan beras yang direndam satu cangkir kunyit atau temulawak atau temu kuning sebesar telur itik, beng ramuk (tanaman seperti pohon sereh namun akarnya harum). Kemudian, bahan ini dihaluskan dan dibuat bentuk bulatan-bulatan kecil seperti telur cicak, yang dalam bahasa Madura disebut bedak pelkeran. Bedak lulur ini digunakan untuk wajah. 

Bedak Lulur

Abu Dapur

Ramuan herbal ala Madura yang dapat digunakan untuk merawat rambut adalah air tirisan abu dapur. Air tersebut dibilaskan pada rambut ketika sedang keramas. Adapun, abu yang paling bagus adalah abu dari tempurung kelapa.

Selain itu, masyarakat juga menggunakan mengkudu merah yang dilumatkan dan dibilas ke kepala lalu disisir. Dua bahan tersebut bisa mengeluarkan busa layaknya kamu menggunakan sampo. Manfaatnya adalah membuat rambut menjadi hitam, subur, tidak beruban, dan lebih kemilau.

Abu Dapur
baca juga

Daun Katuk

Kejja atau daun katuk merupakan ramuan herbal yang bagus untuk merawat kesehatan payudara. Khususnya bagi perempuan yang baru melahirkan, maka menjaga kesehatan dan kekencangan payudara sangatlah penting. Selain itu, daun katuk ini juga bagus untuk melancarkan ASI, Ladies.

Daun Katuk

Galian Singset

Untuk bagian perut, perawatan yang dilakukan adalah untuk merampingkannya. Umumnya, ramuan yang digunakan adalah "galian singset". Biasanya ramuan ini dikonsumsi setidaknya dua kali dalam sehari; yakni di pagi hari dan sebelum kita beranjak tidur. Biasanya, dalam waktu yang tidak terlalu lama, yakni sekitar satu bulan atau lebih dan diiringi dengan pola makan yang sehat dan olahraga yang rutin, maka badan kita akan ramping seperti sedia kala.

Galian Singset
baca juga

Galian Rapet

Bukan hanya merawat wajah dan tubuh, merawat daerah intim pun juga penting Ladies! Untuk area intim, ramuan yang cocok adalah jamu "sari rapet", "rapet wangi", dan "galian rapet". Kegunaannya, untuk menghilangkan keputihan, penyakit yang sering dijumpai pada vagina. 

Galian Rapet

Setelah mengetahui ramuan herbal ala Madura ini, ramuan mana yang paling ingin kamu coba Ladies?