Petis Madura

Jika biasanya kamu familiar dengan petis udang yang memiliki warna kehitaman dengan rasa cenderung manis, maka petis Madura berbeda. Biasanya petis Madura memiliki warna cokelat kemerahan namun ada juga yang berwarna kehitaman. Hal itu dipengaruhi oleh bahan untuk membuat petis itu sendiri. Petis khas Madura berasal dari ikan tuna atau ikan cakalang, rasanya pun asin dan gurih sehingga sangat cocok diolah menjadi rujak Madura.

Petis Madura
https://www.instagram.com/plappamadura/
source: https://www.instagram.com/plappamadura/

Rung-Terrungan

Bahan dasar dari makanan ini adalah teripang, hewan laut yang memiliki bentuk seperti timun atau terong. Teripang tersebut kemudian diolah menjadi kerupuk dengan cita rasa yang unik, gurih namun sedikit pahit. Makanan ini bisa kamu dapatkan di toko-toko yang menjual oleh-oleh khas Madura dengan kisaran harga Rp35-Rp40 ribuan.

Rung-Terrungan
baca juga

Otok

Jika dilihat sekilas makanan ini seperti terbuat dari kedelai padahal sebenarnya tidak. Otok merupakan bahasa Madura dari kacang panjang. Jadi sesuai namanya, otok terbuat dari biji kacang panjang. Makanan ini cukup laris di pasaran karena memiliki cita rasa yang unik yakni perpaduan dari rasa gurih, manis dan pedas serta aroma bumbu yang diracik khusus oleh si penjual. Jika ke Madura, kamu akan mudah menemukan makanan khas ini lho!

Otok

Keripik Tette

Keripik Tette merupakan makanan khas Madura yang dengan mudah dapat kamu temukan. Keripik ini terbuat dari singkong yang direbus, lalu ditumbuk dan ditipiskan. Proses menumbuk-lah yang menjadi asal muasal nama keripik ini karena dalam Bahasa Madura, "Tette" berarti "tumbuk". Rasa keripik ini gurih dan akan lebih nikmat jika disantap bersama petis Madura. Kalau kamu ke Madura, jangan lupa untuk mencicipinya ya.

Keripik Tette
https://bukalapak.com
source: https://bukalapak.com
baca juga

Rengginang Lorjuk

Rengginang memang bisa kamu temukan di banyak tempat khususnya di wilayah Jawa. Namun yang menjadi ciri khas dari rengginang Madura ini adalah penambaan lorjuk sebagai bahannya. Lorjuk adalah sejenis karang yang berbentuk kecil memanjang. Rengginang yang biasanya terbuat dari nasi atau ketan yang dikeringkan, kemudian ditaburi lorjuk di atasnya sehingga membuat rasanya menjadi lebih gurih. Pokoknya dijamin bikin nagih deh!

Rengginang Lorjuk