Tak cukup dengan menggunakan skincare, makeup dibutuhkan untuk mendapatkan kulit wajah cantik dan mulus secara instan sesuai dambaan. Foundation membantu meratakan warna kulit dan menutup noda hitam di wajah. Sayangnya, untuk saat ini, belum ada brand lokal Indonesia yang memproduksi varian warna foundation super lengkap untuk dark skin tone sampai white skin tone.
MUA Ini Bongkar Rahasia DIY Perfect Foundation dari Bubuk Kakao untuk Kulit Gelap
source: https://www.instagram.com/jastookes
Namun, kamu masih sangat beruntung Ladies, karena sudah ada banyak brand terkenal luar negeri yang mengeluarkan variasi warna foundation dari yang gelap sampai terang. Hanya saja, harga yang ditawarkan dua kali lipat lebih mahal dari foundation merk brand lokal.

Tapi, tidak perlu khawatir Ladies, kamu bisa mencoba DIY foundation dari Pat McGrath yang pastinya gampang dan super murah. Pelajari langkah-langkahnya di bawah ini!
Berawal dari sulitnya menemukan foundation yang pas untuk kulit gelap. Muncullah ide kreatif dari seorang makeup artist terkemuka yang bernama Pat McGrath. Dia menggunakan bubuk kakao untuk mengcover kulit wajahnya. Pat McGrath menjelaskan, ide berlian menaburkan bubuk kakao sebagai base makeup foundation itu didapat dari ibunya saat ia masih kecil. Ibu Pat McGrath berkata, saat kamu tidak dapat menemukan foundation tersebut, kamu tidak dapat membelinya, jadi buatlah foundationmu sendiri!
MUA Ini Bongkar Rahasia DIY Perfect Foundation dari Bubuk Kakao untuk Kulit Gelap
source: https://www.trunkarchieve.com/
Pada saat itu, Pat McGrath mengambil bubuk kakao di dapur dan membersihkannya. Kemudian, mencampurkan bubuk kakao tersebut dengan minyak dan air. Selanjutnya, dia menyimpan karyanya tersebut ke dalam kulkas untuk diapakai selama berbulan-bulan. Pat McGrath mengoleskan moisturizer terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan cream bubuk kakao di wajah.

Dia berkata, hasilnya benar-benar luar biasa, terlihat shining seperti suar belisha. Pat McGrath juga merasa senang, sebab, saat ini ada begitu banyak jumlah model dengan perbedaan warna kulit, bentuk tubuh, dan latar belakang sosial yang lebih bervariasi.


Sumber: Allure.com