4 Trik Cerdas Mengatur Keuangan ala Wanita Modern
source: https://id.pinterest.com

Mencatat Setiap Pengeluaran

Mencatat Setiap Pengeluaran
source: https://id.pinterest.com/pin/292874782011288120/

Setiap pengularan harus dilakukan pencatatan agar terlihat telah berapa banyak uang yang keluar dalam setiap harinya. Pencatatan sebaikanya dilakukan setiap hari dan dipisahkan antara pengeluaran pokok, seperti transportasi, makan, bayar cicilan dengan pengeluaran bukan pokok seperti membeli sepatu atau menonton bioskop diakhir pekan. Dari pencatatan ini kita bisa mengetahui mana budget yang bisa dikurangi atau dihilangkan dan mana pengeluaran yang harus diperhatikan atau memiliki angka yang tinggi.
baca juga

Memisahkan Antara Tabungan & Investasi

Memisahkan Antara Tabungan & Investasi
source: https://id.pinterest.com/

Sedikit apapun penghasilan, penting untuk Ladies menabung lho. Menabung setiap awal bulan setelah menerima gaji dan sisihkan minimal 10% dari gaji untuk disimpan atau digunakan pada situasi darurat dimasa depan. Jika Ladies memiliki dana yang lebih, ada baiknya kamu melakukan investasi, seperti membeli emas, logam mulia, asuransi kesehatan dan asuransi tua yang akan sangat berguna untuk kehidupan dimasa depan.

Mencari Sumber Pemasukan Baru

Mencari Sumber Pemasukan Baru
source: https://id.pinterest.com/pin/536772849332606187/

Kebutuhan manusia semakin lama akan semakin meningkat. Begitu pun dengan harga berbagai kebutuhan yang akan perlahan meningkat. Cara mengakalinya adalah dengan mencari sumber pemasukan baru yang tentu saja tidak menggangu pemasukan utama.

Ladies bisa melakukan jualan online atau menyediakan jasa seperti jasa translator jika kamu menguasai suatu bahasa asing atau mencoba bekerja sampingan menjadi Youtuber jika merasa nyaman didepan kamera.

baca juga

Membuat Anggaran Sebelum Belanja

Membuat Anggaran Sebelum Belanja
source: https://id.pinterest.com/pin/810366526679505522/

Penting lho untuk membuat daftar belanjaan dan anggaran sebelum kita pergi belanja agar tidak membeli barang yang tidak perlu dan bersikap buruh. Ladies juga harus bisa menganggarkan berapa dana untuk hiburan dan membeli barang tersier seperti baju, sepatu dan sebagainya setelah menganggarkan dan membayarkan semua kebutuhan primer.

Jangan sampai kebutuhan tersier memakan dana yang besar mengganggu pembayaran kebutuhan primer seperti dana makan, transportasi dan lainnya. Selain itu penting mencantumkan setiap harganya agar bisa mengetahui saat membeli apakah barang tersebut telah mengalami kenaikan dan perlu disubsitusi jika memungkinkan.