1. Menggunakan Shade yang Sama Memang Dianjurkan

Banyak ahli dalam kecantikan menyarankan untuk menggunakan foundation dan concealer dengan shade yang sama. Hal ini akan memberikan tampilan riasan wajah yang lebih natural. Kedua concealer dan foundation memiliki satu fungsi yang umum yaitu untuk menutupi kekurangan pada kulit wajah. Sehingga pemilihan shade yang sama bisa memaksimalkan fungsi keduanya untuk menutupi dengan lebih sempurna.
 

1. Menggunakan Shade yang Sama Memang Dianjurkan

2. Shade yang Berbeda Disarankan untuk Kondisi Tertentu

Concealer adalah jenis kosmetik yang berfungsi untuk menutupi beberapa kekurangan di wajah seperti bintik-bintik hitam, lingkaran hitam di bawah mata, pori besar, jerawat dan bekas jerawat, serta warna kulit wajah kurang merata. Karena fungsi yang demikian, maka disarankan untuk memilih shade concealer satu tingkah lebih cerah dari warna kulit asli. Hal ini dikarenakan agar concealer bisa menutupi kekurangan dengan lebih sempurna.
 

2. Shade yang Berbeda Disarankan untuk Kondisi Tertentu

Sedangkan foundation lebih berfungsi sebagai dasar riasan agar warna kulit asli menjadi lebih rata. Foundation digunakan agar riasan wajah yang diaplikasikan tidak timpang dengan warna kulit asli. Sehingga disarankan untuk menggunakan foundation dengan shade yang paling mendekati dengan warna kulit asli. Agar hasil riasan menjadi lebih natural, pilih shade foundation yang sama dengan warna kulit leher.

baca juga

Pemilihan shade concealer dan foundation yang berbeda juga bisa dilakukan jika ingin mengaplikasikan contouring. Teknik ini biasanya diaplikasikan dengan memakai concelaer untuk menyamarkan bagian tertentu agar terlihat lebih ramping dengan efek bayangan. Contouring dipakai pada dahi, tulang pipi, dagu dan tulang hidung. Penggunaan concealer untuk tujuan ini bisa memilih shade yang lebih gelap dari pada shade foundation.
 

3. Tips Memilih Shade Concealer dan Foundation

Untuk mendapatkan shade concealer dan foundation yang tepat, kamu bisa mencobanya terlebih dahulu langsung pada kulit wajah atau leher. Mencobanya pada kulit lengan kadang enggak memberikan gambaran yang jelas, sehingga saat diaplikasikan pada kulit wajah hasilnya bisa saja berbeda.
 

3. Tips Memilih Shade Concealer dan Foundation
source: https://www.pixabay.com

Untuk lebih melihat mana shade yang paling cocok untuk kulitmu, cobalah concealer dan foundation di tempat dengan cahaya yang cukup. Pemilihan shade yang terlihat cocok di dalam ruangan, mungkin akan menjadi terlalu terang saat dipakai di luar ruangan. Sebaliknya, shade yang cocok di luar ruangan bisa menjadi terlalu gelap saat berada di dalam ruangan.