Aplikasi tersebut adalah Facebook

source: venturebeat.com

Kamu mungkin sudah tahu bahwa Facebook termasuk salah satu aplikasi yang paling bikin iPhone jadi lemot. Aplikasi media sosial yang satu ini menyedot banyak daya baterai karena selalu sibuk dan sibuk. Sebut saja mulai dari pemutaran video pengiklan secara otomatis begitu kamu membuka halamannya untuk mengecek kabar teman-teman, sampai pemeriksaan dan pengumpulan data para pengguna.

Belum lagi dalam kamus Facebook, kesibukan tersebut tidak kenal kata berhenti alias tidak pernah tidur meskipun para penggunanya tidur sekalipun. Jadi, meskipun kamu sudah menutup halamannya dan tidak lagi menggunakannya, Facebook tetap sibuk mengumpulkan data pribadi kamu.

Beberapa waktu yang lalu, Facebook memperkenalkan fitur yang memungkinkan para pengguna untuk mengunduh data pribadi selama bertahun-tahun. Sampai di sini, lagi-lagi kamu akan dibuat tercengang karena Facebook benar-benar telah menyimpan semua data pengguna, termasuk catatan percakapan yang kamu lakukan ketika berada di situs internet. Jadi bukan kebetulan jika iklan hijab motif muncul di halaman Facebook kamu setelah sebelumnya kamu melakukan penelurusan terkait hijab motif idaman nan murah meriah di situs e-commerce kesayangan seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, atau website-website lain yang bertebaran di internet.

Singkatnya, aplikasi Facebook terus bekerja, bahkan ketika kamu tidak menggunakannya secara aktif. Inilah yang akhirnya menyedot daya baterai perangkat elektronik, Facebook terus-menerus mengumpulkan data dari pencarian browser kamu.
 

Lantas, Bagaimana Caranya Agar iPhone Tidak Boros Baterai?
 

source: shefinds.com

Untuk mengurangi pemborosan daya baterai, ada baiknya ubah pengaturan profil Facebook kamu yang melibatkan aplikasi ‘pihak ketiga’. Aplikasi pihak ketiga yang dimaksud di sini yaitu berbagai macam aplikasi yang login menggunakan akun Facebook.

Buat apa pikir panjang lagi? Mulai sekarang hindari login ke situs internet menggunakan akun Facebook. Beberapa situs internet yang sudah terlanjur login dengan Facebook bisa kamu hapus sekarang juga.

Caranya:

  • Buka halaman Facebook
  • Masuk ke beranda (Home)
  • Klik tab Menu di sudut kanan bawah
  • Gulir ke bawah, klik pengaturan (Settings)
  • Klik opsi aplikasi (Apps) yang ada di bagian bawah
  • Lalu hapus satu per satu aplikasi yang tertaut dengan Facebook


Nah, langkah ini sebenarnya akan lebih praktis jika kamu menghapus aplikasi Facebook dari iPhone, termasuk Facebook Messenger. Buat kamu pengguna aktif Facebook, melepas aplikasi ini pada mulanya mungkin cukup jadi siksaan. Namun demikian, menyingkirkan aplikasi Facebook dari gawai akan membuat daya baterai lebih tahan lama sekaligus mencegah Facebook dalam mengumpulkan data pribadi kamu.

Itulah cara yang cukup efektif kalau kamu mau kinerja iPhone jadi lebih baik. Bagaimana, kamu siap melepaskan diri dari Facebook? Atau jangan-jangan kamu justru sudah menghapus aplikasi ini dari iPhone sejak lama?