1. Tubuh Kecil

Bagi kamu yang bertubuh mungil, pilih kaftan dengan aksen tali di bagian depan atau kerut di bagian pinggang dengan lengan lebar. Kaftan model ini akan memberi kesan tubuh lebih berisi namun tetap tampak ramping. Kamu perlu menghindari kaftan model batwing karena akan membuat tubuh mungilmu tenggelam dan terkesan seperti memakai baju yang kebesaran.

1. Tubuh Kecil

2. Bentuk Tubuh Gemuk

Kebalikan dari postur tubuh kecil, kamu yang bertubuh  bisa menggunakan kaftan model batwing. Model ini akan menyamarkan bagian tubuh yang besar. Asal jangan memilih kaftan model batwing dengan motif besar atau warna yang terlalu mencolok karena akan semakin membuatmu terlihat besar. Kamupun bisa memilih kaftan model lurus karena mampu menyembunyikan lekuk tubuh.

2. Bentuk Tubuh Gemuk
baca juga

3. Bentuk Tubuh Tinggi

Pemilik tubuh tinggi jenjang sebenarnya bisa memilih kaftan model apa saja. Namun yang perlu diperhatikan adalah panjang kaftan. Panjang kaftan tidak boleh kurang karena akan terkesan menggantung dan membuat penampilan jadi kurang menarik. Panjang kaftan yang sesuai dengan pemilik tubuh tinggi adalah kisaran 138 cm hingga 140 cm.

3. Bentuk Tubuh Tinggi

4. Untuk Bentuk Tubuh Jam Pasir

Bentuk tubuh jam pasir biasanya memiliki garis pundak dan pinggang yang sama dan lekukan tajam pada bagian belakang dan pinggul. Kaftan dengan model lurus bisa menutupi lekuk tubuh jam pasir yang kamu miliki. Kamu juga bisa memilih kaftan dengan model kerut pada bagian perut. Hal ini akan memaksimalkan bagian bahumu yang menjadi kelebihanmu.

4. Untuk Bentuk Tubuh Jam Pasir
baca juga

5. Bentuk Tubuh Buah Pear

Tubuh dengan bentuk seperti buah pear memiliki bagian bawah yaitu paha dan pinggul yang lebih besar dari bagian atas. Agar bagian paha dan panggul tidak akan terlihat semakin besar, pilihlah kaftan dengan model loose atau tanpa kerutan. Kamu juga bisa menggunakan kaftan dengan aksen bordir dan motif agar penampilan enggak terlihat membosankan.

5. Bentuk Tubuh Buah Pear

6. Bentuk Tubuh Segitiga

Bentuk tubuh ini sama dengan segitiga terbalik, yaitu cenderung lebar pada bagian bahu dan kecil dibagian pinggang. Hindari pemakaian kaftan yang mengecil pada bagian bawah. Hal ini akan membuat bahu lebarmu semakin menonjol. Kamu dapat memilih model kaftan dengan garis lurus atau a-line.

6. Bentuk Tubuh Segitiga