1. Nonaktifkan Media Sosial

Satu hal yang bisa mengganggu waktu istirahat adalah media sosial yang bergantian memunculkan notifikasi. Terus memainkan gadget juga bisa menguras tenaga dan pikiran sehingga akan membuat sulit tidur. Maka jika ingin tidur berkualitas, jangan menyentuh gadget dan berselancar di media sosial. Karena radiasi dari layar gadget juga berpengaruh terhadap mata dan kinerja otak.
 

1. Nonaktifkan Media Sosial
source: https://www.pixabay.com

2. Kurangi Kafein

Untuk meredakan pikiran yang tegang, mungkin kopi atau minuman berkafein lainnya bisa menjadi pilihan. Namun terlalu banyak mengonsumsinya justru akan menimbulkan masalah baru terutama kesulitan untuk tidur. Sebisa mungkin hindari minuman berkafein beberapa hari menjelang hari pernikahan meski itu minuman kesukaanmu.
 

2. Kurangi Kafein
source: https://www.pixabay.com/
baca juga

3. Olahraga Teratur

Mungkin kamu berpikir enggak ada waktu untuk melakukan olahraga di tengah kesibukan menyiapkan pernikahan. Tapi kamu pasti akan senang hati melakukannya jika tahu bahwa olahraga berguna untuk meredakan stress. Stress tentu akan membuat sulit tidur. Enggak perlu olahraga berat, cukup rutinkan olaharaga ringan seperti berjalan cepat, jogging atau bersepeda santai yang enggak akan terlalu banyak menyita waktu.
 

3. Olahraga Teratur
source: https://www.insuara.com/

4. Perhatikan Asupan Makanan

Bukan hanya menghindari minuman berkafein, kamu juga harus memperhatikan asupan makanan jelang pernikahan. Ada banyak pilihan makanan yang bisa membantumu tidur lebih cepat dan nyenyak. Misalnya keju atau yogurt yang mengandung kalsium dan dapat meningkatkan melatonin. Selada, kentang, ikan tuna, pisang dan buncis juga dipercaya punya segudang manfaat untuk membantu masalah tidurmu.
 

4. Perhatikan Asupan Makanan
source: https://www.pixabay.com/
baca juga

5. Lakukan Meditasi

Menjelang hari bahagia pasti selalu ada rasa gugup atau tegang. Perasaan tersebut bisa menganggu jadwal tidur. Coba lakukan meditasi setiap malam menjelang tidur. Duduk dengan tenang lalu tarik nafas dalam-dalam. Bayangkan hari pernikahanmu akan berlalu dengan lancar dan membahagiakan semua orang. Pikirkan kamu sedang mengenakan busana pengantin cantik dengan wajah cerah dan senyum yang lebar. Membayangkannya akan membuatmu lebih rileks.
 

5. Lakukan Meditasi
source: https://doktersehat.com/

6. Terapkan Disiplin

Setelah tahu semua tips untuk tidur nyenyak menjelang pernikahan, maka kamu harus berkomitmen untuk mendisiplinkan semua jadwal yang sudah kamu rancang. Jika perlu buatlah daftar kegiatan agar aktivitasmu semakin teratur. Terbiasa melakukan semua hal tepat waktu akan membantumu terhindar dari stress yang akan menganggu ketenangan saat tidur. Disiplin dalam kegiatan juga membantu menjaga ritme biologis tubuh.
 

6. Terapkan Disiplin
source: https://www.alona.co.id/